Viral

Masih Ingat dengan PO Box Saat Surat Menyurat? Ini Nih Bentuknya

Viany Sahita - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 22:39 WIB
Jakarta -

Saat surat-menyurat menjadi salah satu komunikasi penting jarak jauh, Anda pasti sering mendengar istilah PO Box. PO Box yang punya nama lengkap Post Office Box ini kerap ditemui sebagai alamat tujuan surat untuk acara tertentu misalnya lomba atau sebuah event.

PO Box juga bisa dijadikan alamat tujuan surat bagi perusahaan atau bahkan individu. Tapi apakah Anda yang tergolong generasi 90, 80-an, atau sebelumnya tahu bagaimana bentuk PO Box itu?

Kalau kebetulan Anda sedang berada di daerah Pasar Baru, Jakarta, peninggalan PO Box ini bisa dilihat di Gedung Filateli yang saat ini bertransformasi menjadi Pos Bloc. Tidak heran PO Box terdapat di sini karena gedung ini dulu merupakan kantor pos pusat untuk Jakarta.

"Jadi ini dulu adalah Kotak Pos surat dari zaman kolonial Belanda dulu. Kalau kita tahu dulu post office box. Nah ini bisa disewa oleh masing-masing customer-nya PT Pos bisa juga menjadi tempat buat ngirim surat," tutur Program Director Pos Bloc Wendi Putranto dalam program Viral detikcom.

po box di kantor pos pusat, gedung filateli, pos blocSusunan kotak PO Box di Pos Bloc Pasar Baru. Foto: 20Detik

PO Box ini bentuknya mirip-mirip dengan safe deposit box yang ada di bank sebagai tempat penyimpanan barang berharga. Pak Pos meletakkan surat-surat ke dalam PO Box untuk nanti kemudian bisa diambil oleh pemilik kotak tersebut.

"Dari kantor pos suratnya langsung dimasukkan ke sini. Nanti orang yang punya PO Box tinggal datang buka kunci, oh dapat surat apa saja. Dulu begitu, belum ada e-mail," terang Wendi.

Saat ini PO Box di Pos Bloc sudah tidak digunakan lagi. Walau begitu PO Box ini bisa menjadi spot unik sebagai latar belakang untuk foto-foto.

Tonton video lengkap tentang Pos Bloc di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(gah/gah)