Ground Breaking Papua Youth Creative Hub, Jokowi: Ini Masa Depan Papua

Wilpret Siagian - detikNews
Sabtu, 02 Okt 2021 12:32 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan ground breaking gedung Papua Youth Creative Hub atau Papua Muda Inspiratif (PMI). Gedung ini akan dijadikan pusat penggerak untuk mengembangkan bakat pemuda-pemudi Papua.

Pembangunan gedung untuk PMI ini direncanakan selesai pada 11 Oktober 2022, yang berada di Jalan Poros, Distrik Abepura, Jayapura, Papua.

"Kita ingin memberikan ruang yang sebesar-besarnya setelah saya bertemu dengan komunitas PMI. Kemudian ada ide membuat Papua Youth Creative Hub di tempat ini atas arahan lapangan, masukan-masukan lapangan yang didapatkan dari Kepala BIN," kata Jokowi dalam sambutannya, Sabtu (2/10/2021).

"Bahwa yang berkumpul di Papua Muda Inspiratif bukan hanya ratusan, namun ribuan, sangat bagus, sehingga kita harapkan nantinya Papua Youth Creative Hub bisa menjadi motor penggerak, menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat sistem inovasi yang ada," sambung dia.

Jokowi mengatakan pembangunan Papua Youth Creative Hub diharapkan dapat menggali potensi kreativitas anak-anak muda Papua. Jokowi yakin potensi dari anak-anak muda masih banyak dan perlu wadah untuk dapat dikeluarkan.

Presiden Jokowi melakukan ground breaking gedung Papua Youth Creative Hub yang akan dijadikan pusat penggerak untuk mengembangkan bakat pemuda-pemudi Papua. (dok Istimewa)Jokowi berharap Papua Youth Creative Hub bisa menjadi motor penggerak, menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua (dok. Istimewa)

"Saya yakin masih banyak potensi yang belum tergali dan belum terkembangkan. Itulah tugas kita baik di Papua maupun Papua Barat, banyak bibit-bibit unggul dan talenta-talenta yang sangat baik di bidang sains, budi budaya, maupun di bidang olahraga. Dan ini jadi tugas besar kita semuanya untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik dan tertata," ucapnya.

Jokowi menyampaikan bahwa di gedung ini akan menjadi masa depan yang cerah untuk menciptakan bakat-bakat anak-anak muda Papua. Mulai entrepreneurship, petani milenial, hingga pemuda Papua yang memiliki bakat di bidang digitalisasi.

"Di sini akan diurus mengenai entrepreneurship, petani milenial yang akan dimunculkan, kemudian berkaitan dengan membangun ekosistem digital, research, dan inovasi yang dikembangkan. Saya kira inilah masa depan kita semuanya, masa depan Indonesia, masa depan tanah Papua ada di Papua Youth Creative Hub," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menyampaikan gedung Papua Youth Creative Hub akan merujuk pada bangunan identik dengan tanah Papua. Budi Gunawan menyebut gedung ini akan menampung seluruh bakat anak-anak Papua dan Papua Barat dalam mengembangkan kreativitasnya.

"Bangunan ini nantinya akan dikelola secara profesional oleh putra-putra daerah Papua serta mendapatkan pendampingan dan bantuan baik teknis maupun praktis dari lembaga kementerian maupun lembaga sejenis para stakeholder agar sustainable secara profesional dan finansial," jelasnya.

Budi Gunawan menambahkan pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub juga menjadi sejarah baru sekaligus pelopor kemajuan bagi generasi pemuda-pemudi Papua.

"Ground breaking kali ini menjadi tonggak sejarah, simbol pemersatu sekaligus pelopor kemajuan bagi generasi pemuda Papua untuk mengeksploitasi talenta muda-mudi yang telah dikembangkan di tujuh wilayah adat Papua yang saat ini beranggotakan 2.025 orang di Provinsi Papua dan Papua barat," jelas Budi Gunawan.

Budi Gunawan dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih atas perhatian Presiden Jokowi terhadap anak-anak muda Papua. Budi Gunawan yakin adanya gedung Papua Youth Creative Hub akan mengubah wajah Papua yang lebih gagah dengan segudang talenta yang luar biasa.

Presiden Jokowi melakukan ground breaking gedung Papua Youth Creative Hub yang akan dijadikan pusat penggerak untuk mengembangkan bakat pemuda-pemudi Papua. (dok Istimewa)Gedung ini berada di Jalan Poros, Distrik Abepura, Jayapura, Papua (dok. Istimewa)

"Ini semua akan mengubah wajah Papua yang tentunya melibatkan kesejahteraan Papua ke depan dengan semboyan Torang Pasti Bisa, yang artinya merangkul semua anak muda, menunjukkan anak-anak muda bisa yang sejajar dengan saudara-saudaranya," pungkas dia.

Komunitas Papua Youth Creative Hub atau Papua Muda Inspiratif memiliki 2.025 anggota. Ini sudah berkembang sejak pertama kali pada 2019 bertemu Presiden Jokowi berjumlah 21 orang.

Pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub ini akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan menelan biaya Rp 95 miliar dan ditargetkan akan selesai pada Oktober 2022.

Turut hadir Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

(jbr/jbr)