Prostitusi ABG di Apartemen Jaktim, Polisi Didesak Bongkar Jaringan TPPO

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 16:49 WIB
Kuasa hukum Muradi membantah kliennya memiliki anak dari model Era Setyowati atau dikenal dengan nama Sierra.
Kantor KPAI (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Dorong Pembenahan Pengawasan Apartemen

Selain itu, Ai turut menyoroti kondisi sistem apartemen di wilayah DKI Jakarta yang mencemaskan karena melanggengkan praktik prostitusi. Pasalnya, apartemen di Jakarta kerap disalahgunakan jadi tempat eksploitasi dan prostitusi anak di bawah umur.

"Ini apartemen di Jakarta ini sudah pada tahap mencemaskan. Nah ini ada penyalahgunaan. Menyalahgunakan dengan tujuan eksploitasi. Adanya penyalahgunaan terhadap prostitusi apalagi melibatkan anak," papar Ai.

Oleh karena itu, Ai meminta turut serta pemerintah terkait kasus tersebut terutama dalam sistem pengelolaan apartemen di Jakarta. Tak lupa, dirinya pun menghimbau para orang tua agar dapat mengawasi serta membangun komunikasi yang terbuka dengan anaknya.

"Pembenahan kalau saya lihat misalnya PUPR juga dari Dinas terkait. Kewaspadaan ini harus diikat dengan komitmen para pemilik atau perusahaan yang membawahi apartemen di Jakarta untuk betul-betul mengimplementasi apartemen yang ramah anak. Ya diikuti juga dengan ruang lingkup pembenahan secara administrasi dan regulasinya gitu," ujar Ai.

Lanjut, Ai juga meminta orang tua membuka komunikasi dengan anak sesering mungkin agar anak-anak bersikap terbuka dengan apa yang sudah dialaminya.

"Orang tua jangan hanya di hilir. Berkomunikasi dengan orang tua harus terbuka. Ini tetap menjadi tanggung jawab keluarga. Mari kita tingkatkan pengawasan pada anak-anak," pungkas Ai.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya membongkar praktik prostitusi anak di bawah umur di sebuah apartemen di Jakarta Timur. Tiga orang anak perempuan usia 16-17 yang jadi korban diamankan polisi di apartemen tersebut.

Simak cerita pengungkapan kasusnya di halaman selanjutnya