KKP Gelar Lomba Jurnalistik Sahabat Bahari Berhadiah Total Rp 100 Juta

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 16:11 WIB
Lomba Jurnalistik KKP
Foto: Screenshoot detikcom
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar lomba Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-22. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengapresiasi para jurnalis dalam pemberitaan sektor kelautan dan perikanan.

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri KKP, Agung Tri Prasetyo berharap lomba ini dapat meningkatkan semangat seluruh jajaran KKP Pusat dan Daerah untuk mewujudkan sektor kelautan dan perikanan sebagai tumpuan bagi ekonomi bangsa.

"KKP akan menggunakan satu bulan penuh Oktober 2021 sebagai bulannya KKP. Di situ nantinya ada berbagai perayaan, ada donor darah, bakti sosial, dan lomba internal. Dan khusus untuk eksternal, kami akan menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari," ujarnya dalam Press Conference Lomba Jurnalistik HUT Ke-22 KKP secara virtual, Jumat (1/10/2021).

"Harapannya, teman-teman media dapat menyemarakkan perayaan HUT ke-22 KKP dengan berpartisipasi di berbagai lomba. Ini menjadi momentum bagi kebangkitan kita Kementerian Kelautan dan Perikanan dan tentu saja dukungan dari teman-teman media," tambahnya.

Sementara itu, Asisten Khusus Menteri KP sekaligus Ketum Pelaksana HUT KKP ke-22, Doni Ismanto menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya untuk mewujudkan gairah KKP dalam menggerakkan ekonomi bangsa.

"Ini sebuah rangkaian perayaan dan untuk mewujudkan ke publik bahwa kita tetap bergairah dan datang dengan gairah baru membawa sektor kelautan dan perikanan penggerak ekonomi bangsa," paparnya.

Mengusung tema besar 'Ekonomi Biru Untuk Indonesia', Doni menyampaikan lomba tersebut dapat diikuti oleh seluruh rekan media. Terdapat tiga kategori yang akan dilombakan yakni, media cetak, media online, dan foto jurnalistik.

"Kita tema besarnya adalah Ekonomi Biru Untuk Indonesia. Ekonomi biru itu adalah semangatnya dikembangkan antara ekologi dan ekonomi. Kategorinya ada untuk media cetak, media online, dan teman-teman foto. Selain itu, ada juga untuk non jurnalis lomba kreasi di platform TikTok," ungkapnya.

Soal tema, Doni menjelaskan terdapat empat tema spesifik yang dilombakan antara lain Penangkapan Terukur; Dukungan PNBP Sektor Kelautan dan Perikanan; Komoditas Ekspor Budidaya Berbasis Kawasan; dan Pengentasan Kemiskinan Melalui Kampung-Kampung Budidaya.

"Temanya kita minta teman-teman untuk penangkapan ikan terukur yang akan dijalan. Kedua, kita angkat tentang dukungan PNBP sektor kelautan dan perikanan di mana sering kali orang salah persepsi. Selama ini literasi (PNBP) kurang dipahami oleh publik. Kita ingin tahu bagaimana persepsi media melihat PNBP ini," katanya.

"Terus berikutnya salah satu program unggulan dari Pak Trenggono yaitu tentang komoditas ekspor budidaya berbasis kawasan, di mana ada produk unggulan udang, lobster, kepiting, dan rumput laut. Yang terakhir tentang pengentasan kemiskinan melalui kampung-kampung budidaya, ini juga menjadi program terobosan," sambungnya.

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui syarat dan ketentuan mengikuti lomba >>>