DPR Gelar Paripurna Penetapan Lodewijk Gantikan Azis Syamsuddin Jadi Waka DPR

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 11:37 WIB
Jakarta -

DPR RI bakal menggelar rapat paripurna pagi ini. Salah satu agenda rapat paripurna adalah penetapan Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus menjadi Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin.

Rapat paripurna bakal digelar di gedung Nusantara II, kompleks MPR/DPR, Kamis (30/9/2021). Salah satu agenda rapat adalah penetapan PAW Wakil Ketua DPR RI.

"Kita sudah Bamus, nanti hasil Bamus akan dilaporkan di paripurna, lalu di paripurna proses pergantian itu akan ditetapkan," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan.

Dasco mengatakan hasil penetapan di paripurna nantinya akan dibawa ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebut Lodewijk, yang ditetapkan sebagai pengganti Azis Syamsuddin, akan hadir hari ini dalam rapat paripurna.

"Nanti paripurna menetapkan Wakil Ketua DPR yang baru dan hasil paripurna dikirimkan kepada Presiden. Ada (Lodewijk), nanti Ketua Mahkamah Agung juga ada," ucapnya.

Berdasarkan agenda, rapat paripurna DPR RI pada pagi hari ini tidak hanya menetapkan pengganti Azis Syamsuddin. Nantinya DPR juga bakal mengambil keputusan terkait RUU APBN tahun anggaran 2022.

Selain menetapkan Lodewijk, DPR bakal mengambil persetujuan terkait perpanjangan waktu terkait pembahasan sejumlah RUU.

(maa/zap)