Tak Ada Reshuffle di Rabu Pon Hari Ini, Faisol Riza Sebut Bulan Depan

Mochamad Zhacky, Matius Alfons - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 19:31 WIB
Menteri-menteri Kabinet Jokowi, menteri jokowi,
Kabinet Indonesia Maju (BPMI Setpres)
Jakarta -

Pergantian atau reshuffle kabinet yang dikabarkan bakal diumumkan Rabu ini, yang dalam kalender Jawa merupakan Rabu Pon, tidak terbukti. Kabar terbaru perihal reshuffle kabinet pun muncul. Ketua DPP PKB Faisol Riza yang memunculkan.

"Bulan depan," kata Faisol saat dihubungi, Rabu (29/9/2021). Faisol menjawab pertanyaan perihal kabar reshuffle kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Faisol pernah juga mengungkapkan informasi soal reshuffle di pengujung 2020. Ketika itu, informasi dari Faisol soal jumlah dan posisi menteri yang di-reshuffle cukup akurat.

Faisol RizaFaisol Riza (Erlangga/dpr.go.id)

Juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, sebetulnya sudah memberikan isyarat bahwa tidak ada pengumuman reshuffle hari ini. Fadjroel menegaskan reshuffle merupakan hak prerogatif presiden.

"Kalau ada reshuffle tentu Presiden sendiri yang mengumumkan, karena hak prerogatif Presiden," sebut Fadjroel saat dimintai konfirmasi, kemarin.

Menurut Fadjroel, saat ini para menteri fokus terhadap satu hal, yakni mengatasi pandemi COVID-19.

"Sampai saat ini seluruh menko dan menteri dalam Kabinet Indonesia Maju fokus membantu Presiden Jokowi menghadapi pandemi COVID-19," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang diterima detikcom, bakal ada 3 menteri yang di-reshuffle. Informasinya, ada 1 menteri dan 2 menko yang akan diganti oleh Jokowi.

Seperti diketahui, isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali mencuat usai PAN bergabung dengan koalisi pemerintah. Elite PAN, Mumtaz Rais, bahkan tak ragu membeberkan nama-nama kandidat menteri dari PAN, yakni Zulkifli Hasan, Sekjen PAN Eddy Soeparno dan Soetrisno Bachir.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.