Airlangga Antar Surat Golkar ke DPR Soal Lodewijk Gantikan Azis Syamsuddin

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 17:25 WIB
Konferensi pers penyerahan surat berisi nama pengganti Azis Syamsuddin untuk jabatan Wakil Ketua DPR korpolkam, di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (29/9/2021).
Foto: Konferensi pers penyerahan surat berisi nama pengganti Azis Syamsuddin untuk jabatan Wakil Ketua DPR korpolkam. (Alfons/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyerahkan surat berisi nama pengganti Azis Syamsuddin untuk jabatan Wakil Ketua DPR bidang politik dan keamanan (korpolkam). Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus ditunjuk menggantikan Azis.

Surat perihal nama pengganti Azis diserahkan langsung oleh Airlangga kepada Ketua DPR Puan Maharani, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021) pukul 16.30 WIB. Airlangga didampingi Ketua Fraksi Partai Golkar DPR Kahar Muzakir dan Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR Adies Kadir.

"Partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk saudara Haji Lodewijk F Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan saudara Azis Syamsuddin," kata Airlangga saat konferensi pers.

Airlangga mengatakan pemilihan Lodewijk telah melewati berbagai mekanisme di internal Golkar. Mekanisme yang dilalui, mulai dari rapat pleno hingga konsultasi ke senior-senior Golkar.

"Terkait dengan mekanisme yang ada di Partai Golkar, kami sudah lakukan rapat pleno terbatas dan pleno harian, sehingga proses di internal sudah sesuai mekanisme yang berlaku. Kami juga telah konsultasi dengan senior Partai Golkar di Dewan Pembina, Dewan Pakar," ungkapnya.

Selanjutnya surat yang diserahkan Airlangga akan diproses, kemudian dibawa ke rapat paripurna DPR. Kabarnya, DPR akan menggelar rapat paripurna besok.

(maa/zak)