Arteria Harap Tawaran Kapolri Rekrut 56 Pegawai KPK Tuntaskan Polemik TWK

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 12:27 WIB
Arteria Dahlan (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Arteria Dahlan (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP, Arteria Dahlan, mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merekrut 56 pegawai KPK tak lolos TWK ke Bareskrim Polri. Arteria berharap solusi itu bisa menyelesaikan polemik TWK di internal KPK.

"Pada prinsipnya kita menghormati apapun yang dihadirkan oleh Pak Kapolri. Saya yakin ada alasan hukum dan pastinya untuk pemanfaatan banyak pihak. Pak Kapolri ini kan polisi pintar, hebat, dan bijak. Dan mudah-mudahan kebijakan ini bisa mampu dan dapat menyelesaikan kekisruhan polemik yang sudah hadir selama beberapa waktu terakhir ini," kata Arteria, kepada wartawan, Rabu (29/9/2021).

Arteria lantas menanggapi terkait adanya pandangan bahwa tawaran Kapolri itu tak sesuai aturan kementerian atau lembaga terkait. Dia menilai persoalan TWK tidak bisa diselesaikan dengan prosedur formal.

"Ya kalau mudah-mudahan ya, ini namanya ada solusi penyelesaian. Ada yang namanya bagian daripada penyelesaian kebangsaan. Tentunya memang tidak bisa dilakukan dengan cara-cara ideal yang sudah disediakan oleh prosedur formal," ujarnya.

"Memang harus ada terobosan hukum yang mudah-mudahan dapat dikerjakan, diterima dan diselesaikan oleh beberapa kementerian terkait, apa pun itu kita apresiasi ya, mudah-mudahan ini bisa menjadi penyelesaian masalah," lanjut Arteria.

Arteria lalu mengimbau ke-56 pegawai menerima tawaran itu. Dia menilai solusi itu sebagai bukti negara tidak memberi kebijakan yang menyengsarakan.

"Mudah-mudahan semuanya dapat lebih bijak, semuanya mampu untuk menjadi bagian dari anak bangsa yang mempercayakan betul bahwa pemerintah dan negara ini sudah hadir untuk menyelesaikan permasalahan. Dengan jiwa besar, semuanya harus bisa menerima apapun itu karena tidak ada satupun kebijakan negara yang dipakai untuk menyengsarakan anak bangsa," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut