e-Life

Host Livestreaming Online, Beraksi di Depan Kamera Dapat Jutaan Rupiah

dtv - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 06:28 WIB
Jakarta -

Saat ini, banyak orang yang berkarir di dunia livestreaming. Platform yang digunakan pun beragam, mulai dari TikTok, Bigo Live, dan masih banyak lagi.

Apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh, kegiatan livestreaming di platform seperti TikTok dan Bigo Live bisa memberikan penghasilan yang menjanjikan. Tidak main-main jumlahnya bisa mencapai jutaan rupiah

"Aku kasih tahu yang awal bulan aja dulu. Awal bulan itu karena memang aku memang belum punya konten apa-apa, masih baru gitu. Aku udah dapet tuh, total-total dengan bonus Bigo dan agensi itu 90.000 beans atau sekitaran ini, kotornya ya, Rp 7 (juta)," papar Christy 'Ls shinee', salah satu livestreamer Bigo Live, acara e-Life detikcom.

Livestreamer dan Content Creator Asrinda Basri juga menyatakan hal serupa saat ditanya mengenai penghasilan yang didapat dari kegiatan livestreaming. Namun, selain livestreaming di Bigo Live, Asrinda juga aktif melakukannya di TikTok.

"Kalau di TikTok kan karena tidak ada manajemen, mungkin untuk kita pribadi kurang lebih dalam satu kali PK (player knock-out) itu mungkin dapat, tergantung juga sih Kak, ada yang di atas UMR lah pokoknya satu kali PK," jelas Asrinda.

Battle PK atau pertempuran player knock-out adalah istilah populer di kalangan livestreamer, di mana mereka melakukan livestream bersama dan pemenangnya ditentukan oleh penonton. Barangsiapa yang yang menerima lebih banyak diamonds selama live dinyatakan sebagai pemenang.

Kerja keras Asrinda tidak sia-sia, pendapatannya sebagai livestreamer bahkan sudah bisa membantunya merenovasi rumah.

"Alhamdulillah Kak, semenjak main streaming kayak Bigo sama Tik Tok, Asrinda sudah mulai kayak renovasi rumah, nabung, kayak gitu. Alhamdulillah lah ada dapat rezeki dari livestreaming Tik Tok sama Bigo," kata Asrinda.

(gah/gah)