Wagub DKI Harap Anggaran Formula E Selanjutnya dari Publik-Sponsor

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 05:19 WIB
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap pembiayaan ajang Formula E selanjutnya akan dibantu oleh sponsor hingga publik. Hal ini menanggapi rencana F-PDIP DPRD DKI yang hendak mencoret anggaran Formula E dalam APBD 2022 mendatang.

"Insyaallah tahun depan, harapan kita penggunaan Formula E pada tahun-tahun berikutnya itu dapat menggunakan anggaran dari publik dari masyarakat atau dari sponsor," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Selasa (28/9/2021) malam.

Riza mengatakan Pemprov DKI tetap akan mengalokasikan pendanaan Formula E sesuai kebutuhan yang ada. Mengingat ajang balap mobil listrik itu akan diselenggarakan selama 5 musim atau 5 tahun ke depan.

"Seperti yang disampaikan program ini tidak setahun, tapi bertahun-tahun ke depan, berkesinambungan. Tentu nanti akan siapkan kebutuhan anggaran sesuai dengan ketentuan aturan yang ada," sebutnya.

Soal sikap F-PDIP, Riza menilai itu merupakan hak mengutarakan pendapat sebagai legislatif. Kendati demikian, Riza mengingatkan penetapan anggaran merupakan kesepakatan bersama antara legislatif dan eksekutif.

"Semua dibahas bersama antara eksekutif dan legislatif, juga diputuskan bersama," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta beri sinyal akan mencoret anggaran Formula E saat pembahasan APBD 2022. F-PDIP menilai dana Formula E layak dicoret karena penyelenggara tak kunjung menyetorkan hasil uji kelayakan Formula E di masa pandemi COVID-19.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: