Pembukaan PON XX Papua Dihadiri Jokowi, Panglima TNI Tinjau Operasi Cartenz 

Wilpret Siagian - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 23:29 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau Operasi Cartenz dalam rangka pengamanan PON ke-XX di Papua
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau Operasi Cartenz dalam rangka pengamanan PON XX di Papua. (Foto: dok. Puspen TNI)
Jayapura -

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau Operasi Cartenz di Papua dalam rangka jelang pembukaan atau opening ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Hadi memastikan keamanan di sekitar venue berjalan sesuai rencana.

Hadi menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. Seperti diketahui, opening ceremony PON XX akan berlangsung pada Sabtu (2/10).

"Kami datang memastikan pelaksanaan PON XX harus berjalan aman dan lancar mulai dari pembukaan, jalannya pertandingan, sampai penutupan," ujar Hadi Tjahjanto kepada wartawan di lokasi, Selasa (28/9/2021).

Hadi Tjahjanto menjelaskan dia bersama Sigit melihat langsung rangkaian gladi acara pembukaan PON XX dan persiapan aparat keamanan di venue yang telah ditentukan.

"Karena Presiden hadir pada acara pembukaan dan penutupan, semua rangkaian kita pastikan sudah aman dengan melakukan Operasi Sandi Cartenz mulai ring 1 sampai ring 4 sudah berjalan," ujarnya.

Hadi mengingatkan seluruh yang hadir di lokasi PON XX harus sudah divaksinasi COVID-19 dosis 1 dan 2. Untuk itu, TNI-Polri menyediakan gerai vaksinasi di dekat venue PON ke-XX.

"Kami membuka gerai-gerai vaksin di tiga daerah pelaksanaan PON XX Papua, kerja sama TNI/Polri dengan Kemenkes dan Satgas lainnya agar masyarakat mendapat vaksin. Karena itu menjadi syarat untuk dapat menonton PON XX," ujarnya.

(aud/aud)