Diguyur Hujan, Jokowi Basah-basahan Tanam Mangrove di Pantai Kepri

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 17:59 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja ke Kepulauan Riau (Kepri). Jokowi menanam mangrove bersama warga di Pantai Setokok, Batam.

Dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/9/2021), Jokowi mengenakan jaket berwarna merah. Hujan tak menyurutkan kegiatan penanaman pohon mangrove.

Jokowi basah-basahan diguyur hujan. Selain itu, Jokowi turun langsung ke pantai untuk menanam pohon mangrove.

"Ya saya kira ini, Bapak-Ibu semuanya juga, semuanya menanam, masuk ke air. Masa saya di darat sendiri, kan nggak lucu, nggak ada masalah. Basah kan paling-paling hanya 5-10 menit, nggak ada masalah," kata Jokowi.

Presiden JokowiPresiden Jokowi (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi berbicara mengenai potensi hutan mangrove di Indonesia. Dia mengajak seluruh masyarakat memeliharanya.

"Indonesia ini memiliki hutan mangrove yang terluas di dunia 3,36 juta hektare, itu kurang-lebih 20 persen dari total hutan mangrove yang ada di dunia. Artinya, kita memiliki sebuah kekuatan dalam potensi hutan mangrove tetapi yang paling penting adalah bagaimana memelihara, bagaimana merawat, bagaimana merehabilitasi yang rusak sehingga betul-betul hutan mangrove kita ini semuanya terjaga," ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan hutan mangrove ini berfungsi untuk memperbaiki ekosistem di pesisir pantai. Selain itu, hutan mangrove juga dapat mengurangi abrasi air laut.

"Yang paling penting adalah habitat di sekitar mangrove juga terjaga dengan baik, dan sangat mengurangi emisi karbon yang ada dibandingkan hutan-hutan tropis di darat. Sehingga sekali lagi sebagai negara yang memiliki hutan mangrove yang terluas di dunia, kita wajib memelihara ini, karena apa pun ini adalah kekuatan Indonesia," tutur Jokowi.

(knv/idh)