Ini Aturan Kuorum yang Bikin Batal Paripurna Interpelasi Formula E DPRD DKI

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 15:33 WIB
Rapat paripurna hak interpelasi Formula E kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap digas meski tidak kuorum. Rapat hanya dihadiri Fraksi PDIP dan PSI di DPRD DKI.
Sidang Paripurna soal interpelasi formula E. (A. Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sidang paripurna DPRD DKI Jakarta soal interpelasi Formula E terhadap Gubernur Anies Baswedan batal karena tak mencapai kuorum. Sidang paripurna terkait interpelasi wajib dihadiri lebih dari setengah jumlah anggota DPRD DKI Jakarta.

Hal ini tertuang dalam UU No 13 Tahun 2019 Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). Dijelaskan dalam Pasal 330 tentang Hak Interpelasi bahwa sidang paripurna harus dihadiri setengah anggota DPRD Provinsi.

Hak Interpelasi

Pasal 330

(3) Usul sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menjadi hak interpelasi DPRD provinsi apabila mendapat persetujuan dari rapat paripurna DPRD provinsi yang dihadiri lebih dari 1/2 (satu per dua) jumlah anggota DPRD provinsi dan putusan diambil dengan persetujuan lebih dari 1/2 (satu per dua) jumlah anggota DPRD provinsi yang hadir.

Hal senada tercantum dalam Tata Tertib DPRD DKI Jakarta Pasal 13 ayat 5 dan 6. Sidang paripurna bisa memutuskan jika setengah anggota DPRD hadir.

(5) Usul permintaan keterangan DPRD sebelum memperoleh keputusan, para pengusul berhak mengajukan perubahan atau menarik kembali usulannya.

(6) Usul sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12, menjadi hak interpelasi DPRD apabila mendapat persetujuan dari rapat Paripurna yang dihadiri lebih dari 1/2 jumlah anggota DPRD dan putuan diambil dengan persetujuan lebih dari 1/2 jumlah anggota DPRD yang hadir.

Adapun agenda sidang paripurna tetap dilanjutkan dengan penyampaikan usulan hak interpelasi oleh F-PDIP dan F-PSI, meskipun pada akhirnya batal.

Simak Video: PDIP Ngotot Interpelasi Formula E: Tak Bermaksud Jatuhkan Anies?

[Gambas:Video 20detik]