Detik-detik Warga Acak-acak Lokasi Vaksinasi COVID di Aceh hingga Nakes Syok

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 15:01 WIB
Aceh Barat Daya -

Sekelompok warga di Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya, mengacak-acak lokasi vaksinasi Corona atau COVID-19. Aksi warga mengacak-acak lokasi vaksinasi Corona itu membuat para tenaga kesehatan (nakes) syok.

Dalam video kericuhan yang dilihat detikcom, Selasa (28/9/2021), tampak massa mendatangi lokasi vaksinasi. Ada yang datang dengan sepeda motor, ada pula yang berjalan kaki.

Warga berteriak sambil mengangkat-angkat tangan. Sejumlah warga tampak membanting-banting kursi, meja, dan mengacak-acak lokasi vaksinasi Corona tersebut. Sejumlah polisi terlihat mencoba menenangkan massa.

Namun, massa tak peduli dan terus mengacak-acak lokasi vaksinasi sambil berteriak. Barang-barang yang ada di atas meja terlihat berserakan di tanah. Peristiwa itu disebut terjadi pagi tadi.

Penjelasan Kadis Kesehatan Aceh Barat Daya

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya, Safliati, mengatakan vaksinasi Corona di lokasi tersebut digelar pihak Puskesmas Sangkalan dan Muspika setempat. Dia mengatakan petugas yang ada di lokasi itu dievakuasi ke kantor polisi terdekat.

"Tadi waktu saya tiba di lokasi, kejadiannya sudah selesai. Petugas kita juga sudah dibawa ke Polres," kata Safliati.

Dia menyebut ada delapan petugas kesehatan yang melakukan vaksinasi Corona di lokasi. Mereka diamankan ke Polres karena syok serta untuk dimintai keterangan.

"Petugas kita baik-baik saja, mungkin tadi ada yang syok," jelas Safliati.

Menurutnya, vaksinasi Corona di lokasi itu baru dilakukan hari ini. Dia mengaku belum mengetahui ada-tidaknya dosis vaksin Corona yang rusak akibat insiden tersebut.

"Vaksinasi di tempat keramaian memperketat pengamanan saja," sebutnya.

Lihat juga video 'Heboh Program Garansi Polres Pidie Aceh, Pilih Tilang atau Vaksinasi':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/idh)