Tak Kuorum, Paripurna Interpelasi Anies soal Formula E Hari Ini Batal

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 14:23 WIB
Rapat paripurna hak interpelasi Formula E kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap digas meski tidak kuorum. Rapat hanya dihadiri Fraksi PDIP dan PSI di DPRD DKI.
Foto: A. Prasetia/detikcom
Jakarta -

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi akhirnya menunda rapat interpelasi Formula E yang semestinya dijadwalkan hari ini. Penundaan dilakukan karena rapat paripurna hari ini tak memenuhi syarat kuorum atau jumlah minimum rapat yang harus dihadiri anggota dewan.

Prasetio memutuskan menutup rapat usai mendengarkan pandangan fraksi pengusul interpelasi Formula E, yakni PDIP dan PSI.

"Sebelum kami putuskan, kami akhiri (karena) di dalam forum ini juga tidak kuorum 50+1," kata Prasetio dalam paripurna interpelasi Formula E, Selasa (28/9/2021).

Rapat pun berakhir dengan tidak adanya pengambilan keputusan. Prasetio menunda rapat paripurna sampai Badan Musyawarah menjadwalkan kembali rapur interpelasi Formula E. Sebagai informasi, total anggota DPRD DKI saat ini 105 orang. Untuk mencapai kuorum, setidaknya rapat perlu dihadiri oleh 50+1 atau 54 orang.

"Jadi rapat paripurna pengusulan interpelasi kami skors. Saya ralat, bukan diskors tapi ditunda," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi tetap melanjutkan rapat paripurna interpelasi Formula E meskipun tak mencapai kuorum. Agenda dilanjutkan dengan penyampaian usulan hak interpelasi oleh F-PDIP dan F-PSI.

Rapat sempat diskors, tapi kembali dimulai sejak pukul 11.40 WIB. Saat membuka rapat, Prasetio menyampaikan total peserta yang hadir 31 orang dan belum kuorum.

"Hari ini posisi peserta masih berjumlah 31 orang yang harusnya adalah 51 baru kita mengambil keputusan. Jadi teman teman...," kata Prasetio.

Tak lama setelah Prasetio berbicara, sejumlah peserta rapat mengajukan interupsi. Salah satunya datang dari anggota DPRD F-PDIP, Agustina H (Tina Toon), yang meminta paripurna tetap diperjuangkan dan tidak diundur.

"Ketua mohon hak interpelasi ini diperjuangkan, jangan langsung ditutup maupun ditunda lagi. Karena ini hak bertanya kami sebagai perwakilan rakyat, Ketua, atas program Pemprov yang ada temuan BPK dan pemborosan. Balapan nggak bikin kenyang ketua, kita masih COVID, masih banjir masih terancam banyak, Ketua, sebagai warga. Banyak prioritas, mohon Ketua jangan sampai ditutup. Tolong berikan kami kesempatan menyampaikan usulan!" kata Tina Toon.

Simak video 'Rapat Paripurna Interpelasi Formula E Cuma Dihadiri 27 Anggota DPRD DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)