Jejak Antam Lolos dari Gugatan 1,1 Ton Emas Lawan Crazy Rich Budi Said

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 09:06 WIB
Konglomerat Budi Said yang menggugat Antam 1,1 ton emas
Budi Said (Dok. Istimewa)
Jakarta -

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) kini bisa bernapas lega usai lolos dari hukuman ganti rugi 1,1 ton emas kepada konglomerat Budi Said. Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya menganulir putusan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang memenangkan salah satu raja properti di Jawa Timur itu.

Berikut kronologi kasus Antam Vs Budi Said:

2018

Kasus bermula saat Budi Said bertemu orang di toko emas di Krian, Sidoarjo, Jawa Timur. Kala itu dia mendengar Antam sedang memberi diskon penjualan emas batangan.

Budi kemudian ke Gedung Antam Surabaya dan bertemu dengan pimpinan Antam Surabaya, Endang Kumoro dan Misdianto serta Ahmad Purwanto. Selain itu, Budi berkenalan dengan marketing yang bernama Eksi Anggraini.

Eksi menawarkan harga emas Rp 530 juta per kg. Emas akan diterima dalam waktu 12 hari kerja setelah uang ditransfer ke PT Antam. Budi percaya karena yang menjelaskan adalah orang yang mengaku karyawan Antam dan transfer ke rekening Antam.

Belakangan, Eksi menghubungi Budi untuk memberi tahu bahwa dia bisa membantu mengurus pembelian emas dengan meminta komisi Rp 10 juta/kg. Budi mengiyakan dan mentransfer Rp 10,6 miliar ke rekening Antam.

Budi kemudian melakukan transaksi lagi sebanyak 73 kali transfer. Total harga yang dibayar Rp 3,9 triliun dengan harapan mendapatkan 7 ton emas.

Hingga kasus ini bergulir, Budi baru menerima 5.935 kg emas. Adapun sisanya, 1.136 kg emas tidak kunjung dikirim.

Akhir 2018

Budi Said melaporkan pimpinan Antam Surabaya ke polisi.

Desember 2019

Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menjatuhkan hukuman kepada pimpinan Antam Surabaya, yaitu:

1. Terdakwa I Endang Kumoro dengan pidana penjara selama, 2 (dua) tahun dan 6 (enam) bulan penjara. Terdakwa tidak melakukan banding/kasasi.

2. Terdakwa II Misdianto, dengan pidana penjara selama 3 (tiga) tahun dan 6 (enam) bulan. Terdakwa tidak melakukan banding/kasasi.

3. Terdakwa III Ahmad Purwanto, dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 6 (enam) bulan.Terdakwa tidak melakukan banding/kasasi.

4. Eksi Anggraini dihukum 3 tahun 10 bulan penjara. Putusan itu dikuatkan di tingkat banding dan kasasi.

Simak juga 'Duduk Perkara Budi Said Gugat Antam':

[Gambas:Video 20detik]