Waket MPR Puji Perolehan Medali Emas Pertama Tim Cricket Putri Papua

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 23:06 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengapresiasi perolehan medali emas pertama yang diraih Tim Cricket Putri Papua nomor super sixes pada PON XX di Papua. Capaian ini juga menjadi bukti Papua penuh dengan bakat terpendam yang mampu menorehkan prestasi dalam kompetisi olahraga.

"Saya mengapresiasi capaian Tim Cricket Putri Papua. Ini adalah torehan perdana dalam gelaran PON XX, sekaligus membuktikan bahwa Papua penuh dengan anak muda berbakat. Potensi ini harus diberdayakan dan dioptimalisasi untuk berkompetisi di level internasional sehingga akan dapat mengharumkan nama bangsa dan negara," ungkap Syarief dalam keterangannya, Senin (27/9/2021).

Menurut Syarief, prestasi putra/putri Papua ini sejatinya bukanlah hal yang baru karena telah sering menyaksikan mereka mampu meraih juara dalam kompetisi keilmuan seperti Olimpiade Ilmiah Internasional.

Dia mengatakan ini menjadi bukti anak muda Papua punya segudang prestasi. Hal inilah yang perlu dicermati oleh pemerintah agar memberikan ruang bagi putra/putri Papua bekerja dan berkontribusi besar bagi pembangunan.

Menurutnya, eskalasi gerakan separatis Papua Merdeka yang potensial merekrut putra/putri Papua harus dikaji secara cermat oleh pemerintah. Pembangunan sumber daya manusia, ruang aktualisasi bagi putra/putri Papua, dan pembinaan kepemudaan secara berkelanjutan adalah hal-hal pokok yang harus dilakukan.

"Saya yakin putra/putri Papua adalah anak muda yang terpatri Pancasila, UUD 1945, dan NKRI di dadanya. Namun ini tentu saja meniscayakan peran aktif negara dalam membina dan mengarahkan potensi dan bakat putra-putri Papua pada hal-hal yang produktif. Kegiatan olahraga adalah salah satu yang bermanfaat dan perlu," imbuhnya.

Lebih lanjut, Menteri Koperasi dan UKM di era Presiden SBY ini mengingatkan membangun Tanah Papua tidak cukup hanya dengan membangun instalasi fisik semata, namun harus membangun kualitas sumber daya manusia secara nyata dan berkelanjutan.

"Ruang aktualisasi harus diberikan seluas-luasnya sehingga bakat-bakat terpendam tersalurkan dengan baik. Tentu harapan kita ini akan dapat membawa kemajuan bagi bangsa dan negara, termasuk di bidang olahraga," pungkasnya.

(akd/ega)