Golkar Umumkan Pengganti Azis Rabu, Airlangga Antar Surat Langsung ke DPR

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 22:12 WIB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI diumumkan Rabu sore pekan ini. Airlangga akan mengantarkan langsung surat pengganti Azis Syamsuddin ke DPR.

"Jadi pertama tentu masih ada proses-proses yang harus dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang ada baik di partai maupun di DPR," kata Airlangga di DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, Senin (29/9/2021).

"Oleh karena itu akan diumumkan hari Rabu (29/9) jam 16.00 sore," imbuhnya.

Airlangga mengatakan nama pengganti Azis Syamsuddin akan disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai Golkar Kahar Muzakir. Airlangga akan turut hadir dalam kegiatan tersebut.

"Tunggu hari Rabu jam 16.00 sore. Nanti yang menyampaikan Ketua Fraksi didampingi oleh ketua umumnya," ujarnya.

Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir mengungkapkan Airlangga akan mengantarkan surat pengganti Azis Syamsuddin langsung ke DPR. Hal ini menjadi alasan pengumuman dilakukan Rabu pekan ini.

"Jadi karena hari Rabu, Ketua Umum ingin mengantarkan sendiri suratnya ke Ketua DPR bersama-sama dengan Ketua Fraksi dan Sekretaris Fraksi," terang Adies.

Ketua DPP Partai Golkar Firman Subagyo menyebut Adies Kadir akan menjadi Waketum Partai Golkar menggantikan Azis Syamsuddin. Firman juga menyebut Sekjen Lodewijk F Paulus menjadi Wakil Ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin.

"He'eh (Lodewijk F Paulus jadi Wakil Ketua DPR), itu ada pergantian Wakil Ketua Umum (Golkar), dua. Yang menggantikan posisi Wakil Ketua Umum di bidang polhukam itu adalah Pak Adies, bidang sosial karena Pak Rumkomono sebagai Dubes, saya menggantikan Wakil Ketua Umum Bidang Sosial, tiga itu yang diputuskan, sama keputusan untuk rapat HUT Golkar Oktober, Insyaallah nanti malam ada pleno DPP," kata Firman di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (27/9).

Firman kemudian berbicara soal kedekatan Lodewijk dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Menurut Firman, kedekatan Lodewijk dengan Airlangga tak diragukan lagi.

"Loh kalau sudah Sekjen, Sekjen sudah dua periode ini kan saya rasa cukup. Sekjen itu kan tanda tangan bersama beliau. Kan Sekjen itu kayak suami-istri. Sangat dekat lah," ujarnya.

(rfs/isa)