Yenny Wahid: Anak Papua Punya Potensi Jika Difasilitasi dengan Baik

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 20:08 WIB
Yenny Wahid mengunjungi anak Papua di sela-sela kegiatan PON XX Papua
Yenny Wahid mengunjungi anak Papua di sela-sela kegiatan PON XX Papua. (Dok. Istimewa)
Timika -

Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid di sela kegiatan PON XX 2021 di Papua mengunjungi anak-anak Papua. Yenny Wahid mengungkap kekagumannya akan Papua dan masyarakatnya.

Putri Gus Dur menilai anak-anak Papua memiliki potensi yang luar biasa jika difasilitasi dengan baik.

"Anak-anak Papua ini SDM-nya sebetulnya punya potensi kalau difasilitasi dengan baik, harus diberikan ruang yang baik untuk menumbuhkembangkan potensinya," ujar Yenny Wahid setelah berkunjung ke Yayasan Somatua di Timika, Papua, Senin (27/9/2021).

Sedikit tentang Yayasan Somatua adalah yayasan yang didirikan oleh putra asli Papua untuk membantu masyarakat Papua memperbaiki hidup mereka di bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Yayasan tersebut memiliki 60-an anak didik usia 3-12 tahun.

Yenny Wahid yang juga Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) ini mengatakan anak-anak Papua memiliki potensi yang luar biasa, hanya belum memiliki fasilitas seperti di Pulau Jawa.

"Sistem kita belum bisa optimal memfasilitasi anak-anak kita, nah bagaimana caranya anak-anak yang jauh dari pulau-pulau yang ramai seperti Jawa, bagaimana mereka bisa dapat akses pendidikan yang sama, bisa mendapatkan layanan yang sama supaya tumbuh-kembangnya lebih optimal," jelasnya.

Yenny Wahid mendukung kegiatan-kegiatan Yayasan Somatua dalam memberikan pendidikan, pembinaan, dan pelatihan kepada anak-anak Papua. Beberapa di antara anak didik Papua merupakan anak yatim dan tidak mampu.

"Kalau kita inginkan Papua lebih baik ke depan, kita perlu berinvestasi kepada generasi muda maupun anak-anaknya, baik dalam bentuk gizi yang baik, ruang didik yang baik, fasilitas yang baik untuk tumbuh kembang lebih optimal," tuturnya.

Yenny sangat yakin bahwa generasi muda Papua juga mampu berprestasi bahkan mengharumkan nama bangsa. Ia memberikan contoh bahwa anak Papua mampu mengharumkan nama bangsa dalam berbagai bidang.

"Kita lihat ada beberapa anak asli Papua yang sudah mengharumkan tidak hanya nama Papua, akan tetapi nama bangsa setelah menjuarai perlombaan ilmu fisika dan matematika. Untuk itu saya sangat yakin anak-anak Papua itu mampu apabila difasilitasi dan dididik dengan baik sejak dini," ungkapnya.

Khusus PON XX Papua, Yenny Wahid memberikan kabar baik dari Papua. Hari ini, cabang olah raga panjat tebing dimenangkan oleh atlet Papua.

"Hari ini untuk panjat tebing Papua menang medali emas kategori speed, tapi belum pengalungan medali," tuturnya.

Yenny Wahid juga mengagumi fasilitas PON XX Papua. Menurutnya, fasilitas PON Papua sudah cukup megah.

"Yang saya kagum dari PON ini pembangunan fasilitas stadium cukup megah, fasilitas panjat tebing juga cukup baik," imbuhnya.

(mea/fjp)