Lodewijk Gantikan Azis Jadi Wakil Ketua DPR, Adies Kadir Naik Waketum Golkar

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 15:45 WIB
Golkar Umumkan Kepengurusan Baru

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengumumkan kepengurusan baru Partai Golkar periode 2018-2019 di DPP Golkar, Jakarta, Senin (22/1/2018). Melalui SK tersebut, kepengurusan Golkar sebelumnya yang disahkan di era kepemimpinan Setya Novanto dinyatakan dicabut. Putusan baru itu mencabut putusan DPP No 252/DPP/Golkar/10/2017 soal revitalisasi pengurus Golkar yang dibuat oleh Novanto. Grandyos Zafna/detikcom
Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPP Partai Golkar Firman Subagyo mengamini kabar yang menyebut Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus bakal mengisi posisi Wakil Ketua DPR RI peninggalan Azis Syamsuddin. Menurut Firman, selain Lodewijk, Adies Kadir akan mengisi jabatan yang sebelumnya diemban Azis, yakni Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Golkar.

"He'eh (Lodewijk menggantikan Azis Wakil Ketua DPR). (Selain) itu ada pergantian Wakil Ketua Umum, dua. Yang menggantikan posisi Wakil Ketua Umum di bidang polhukam (politik, hukum, dan keamanan) itu adalah Pak Adies," kata Firman di kompleks parlemen, Senayan, Senin (27/9/2021).

Selain posisi Wakil Ketua DPR dan Waketum Golkar bidang polhukam, ada pergantian Waketum Bidang Sosial DPP Golkar. Jabatan Waketum Bidang Sosial yang sebelumnya diemban Roem Kono akan beralih ke tangan Firman sendiri.

"(Waketum) bidang sosial, karena Pak Roem Kono sebagai dubes, saya menggantikan Wakil Ketua Umum Bidang Sosial. Tiga itu yang diputuskan, sama keputusan untuk rapat HUT Golkar Oktober. Insyaallah nanti malam ada pleno DPP," ungkap Firman.

Firman kemudian bicara kedekatan Lodewijk dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Menurut Firman, kedekatan Lodewijk dengan Airlangga tak diragukan lagi.

"Loh kalau sudah Sekjen, Sekjen sudah dua periode, ini kan saya rasa cukup (dekat). Sekjen itu kan tanda tangan bersama beliau (Ketum), kan (Ketum dan) Sekjen itu kayak suami-istri, sangat dekatlah," ujarnya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak video 'Golkar Malam Ini Gelar Rapat Pleno Tentukan Pengganti Azis Syamsuddin':

[Gambas:Video 20detik]