Ungkap Kepuasan Layanan JKN-KIS, Syaiful Ajak Warga Rutin Bayar Iuran

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 14:46 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan memerlukan dukungan dari masyarakat. Kepuasan masyarakat terhadap program ini merupakan salah satu tolak ukur penyelenggaraan program ini berjalan pada jalur yang tepat.

BPJS Kesehatan pun terus berupaya agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan haknya masing-masing. Salah seorang peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat keberadaan JKN-KIS adalah Syaiful Rahmadi (28). Pria asal Kota Sibolga ini menceritakan pandangannya terhadap pelaksanaan JKN-KIS yang telah dimulai sejak 2014 yang lalu.

"Saya memang tidak pernah menggunakan BPJS untuk pengobatan penyakit parah yang harus membutuhkan biaya yang besar. Tapi, beberapa kali BPJS pernah saya gunakan untuk sakit-sakit yang ringan-ringan saja," ujar Syaiful dalam keterangan tertulis, Senin (27/9/2021).

Syaiful beserta istri dan anaknya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak 2018. Ia terdaftar sebagai peserta pada segmen Pekerja Penerima Upah Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja di kelas 2.

Meski hanya memanfaatkan status kepesertaannya pada JKN-KIS untuk penyakit yang ringan, Syaiful mengaku sangat merasa terbantu dengan adanya program ini. Pasalnya, Syaiful tidak menemukan kendala yang berarti saat hendak mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, baik ketika dirinya ataupun ketika sang istri dan anaknya yang jatuh sakit.

"Saya cukup puas ketika saya berobat memakai BPJS, mudah-mudahan tetap bagus seperti ini pelayanannya sampai kapan pun," kata Syaiful.

Syaiful berharap agar program JKN-KIS dapat terus berjalan dengan baik, karena sangat banyak masyarakat dari golongan kurang mampu merasa terbantu dengan keberadaan program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini. Ia juga berpesan agar BPJS Kesehatan terus meningkatkan pelayanan dan menciptakan beberapa inovasi serta kemudahan lainnya yang dapat membantu memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

Kepada masyarakat Syaiful juga mengajak untuk terus rutin membayarkan iuran JKN-KIS setiap bulan. Hal ini agar masyarakat tidak terkendala ketika sewaktu-waktu nanti jatuh sakit dan harus mendapatkan pelayanan kesehatan.

(akn/ega)