1 Jam Diperiksa Polisi, Luhut Tegaskan Tak Punya Bisnis Tambang di Papua

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 10:20 WIB

Tanggapan Haris Azhar

Pengacara Haris Azhar, Nurkholis Hidayat, menyayangkan sikap Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang melaporkan kliennya, Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti, ke polisi. Nurkholis mengatakan sejatinya menyesalkan laporan polisi tersebut, tetapi di sisi lain dapat dijadikan kesempatan untuk saling membuka data terkait keterlibatan Luhut.

"Tentu penggunaan upaya hukum ini baik perdata atau pun pidana bagi kami jelas ini sebagai sebuah judicial harassment dan di satu pihak ini sangat disayangkan, tapi di pihak yang sama ini adalah kesempatan justru bagi kita untuk membuka seluas-luasnya data mengenai dugaan keterlibatan atau jejak dari LBP di Papua dalam blok Wabu," kata Nurkholis dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Kontras pada Rabu (22/9/2021).


Lebih lanjut, ia menyampaikan dalam proses hukum nantinya juga dapat dibuka data terkait keterlibatan Luhut dalam dugaan bisnis tambang Papua.

"Jadi kita buka saja di dalam proses hukum ini sehingga publik akan melihat siapa sesungguhnya sosok LBP bagaimana proses dia selama ini jejak langkahnya dalam dugaan konflik kepentingan di dalam bisnis tambang di Papua yang berdampak pada penderitaan rakyat di Papua," imbuhnya.


(ygs/mea)