Golkar Jatim Apresiasi Ponpes Sidogiri yang Mampu Cetak Santripreneur

Khoirul Anam - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 23:00 WIB
Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji
Foto: Golkar
Jakarta -

Ketua DPD Golkar Jawa Timur, M. Sarmuji beserta rombongan sowan ke Pesantren Sidogiri Pasuruan pada hari ini. Adapun Sarmuji diterima langsung oleh pengasuh pondok KH. Fuad Noerhasan.

Sarmuji secara langsung mengagumi kiprah pesantren Sidogiri yang mampu mencetak ulama dan santripreneur atau santri pengusaha dari para alumninya.

"Ponpes Sidogiri sudah membuktikan bahwa dari pesantren tidak hanya melahirkan ulama tetapi juga melahirkan para pengusaha yang siap mengabdi untuk masyarakat," ujar Sarmuji dalam keterangan tertulis, Minggu (26/9/2021).

Diketahui, pesantren Sidogiri merupakan salah satu pesantren yang memiliki berbagai unit usaha, dari pertokoan modern, simpan pinjam syariah, hingga produk air minum dalam kemasan. Bahkan usaha air merk santri tersebut mampu bersaing dengan merk-merk terkemuka lainnya di pasaran nasional.

"Sidogiri sangat terkenal sebagai pesantren yang memiliki lini bisnis yang sangat kuat. Minimarket dan produk air kemasannya terbukti tangguh bersaing di pasar tanpa ada subsidi atau proteksi berlebihan," puji Ketua Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) tersebut.

Pasca bertemu dan mendengarkan kisah Sidogiri, Anggota Komisi XI DPR ini berharap lahir pesantren dengan unit usaha yang bisa listing di bursa efek dan sahamnya bisa dimiliki oleh masyarakat.

"Saya memimpikan ada pesantren yang bisa melakukan initial public offering (IPO), menjual sahamnya di bursa dan umat bisa memilikinya. Dengan begitu modalnya bisa lebih kuat dan tata kelolanya menjadi lebih baik," ungkapnya.

Selain itu, ia berharap akan ada pesantren lain dengan keinginan dan etos seperti yang dimiliki pesantren Sidogiri.

"Semoga Sidogiri bisa menularkan apa yang dimilikinya ke pesantren lain. Kalau perlu yang di Sidogiri dikloning pesantren lain," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam kunjungan pasca vaksinasi di kantor DPD Golkar Kabupaten Pasuruan tersebut, Sarmuji didampingi Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo, Anggota DPRD Jawa Timur Hasan Irsyad, Pengasuh Ponpes Queen Al Azhar Jombang KH. Zahrul Azhar Asumta, dan Pengasuh Ponpes Nazhatut Thullab Sampang KH. Muhammad bin Muafi.

(ega/ega)