BKSDA Jambi Evakuasi 8 Buaya Jumbo 400 Kg Peliharaan Warga

Ferdi Almunanda - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 18:29 WIB
Evakuasi buaya jumbo 400 kg dari penangkaran di Jambi (Foto: dok. BKSDA)
Foto: Evakuasi buaya jumbo 400 kg dari penangkaran di Jambi (Foto: dok. BKSDA)
Jambi -

Sebanyak 8 ekor buaya jumbo berbobot 400 kg berhasil dievakuasi Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi dari kolam penangkaran warga. Buaya ini dievakuasi karena penangkaran yang sudah tidak terawat.

"Sekarang sudah ada 8 ekor yang kita evakuasi buaya di penangkaran ini. Nantinya evakuasi buaya-buaya ini akan terus berlanjut sampai buaya di penangkaran ini sudah tidak ada lagi," kata Koordinator Tempat Penyelamatan Satwa BKSDA Jambi, Syahron kepada detikcom, Minggu (26/9/2021).

Penangkaran buaya-buaya besar itu berada di Desa Kebon 9, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Ada 2 jenis buaya yang berada di penangkaran, yakni buaya senyulong dan buaya muara.

Syahron mengatakan kendala pemindahan buaya jumbo ini yakni ramainya warga yang mau melihat proses evakuasi.

"Kalau ramai warga melihat, itu yang buat kita sulit evakuasinya, dan alhamdulilah tadi warga sepi melihatnya jadi memudahkan kami melakukan evakuasi. Buaya di dalam penangkaran ini bobotnya hampir sama 300-400 kg," ujar Syahron.

Syahron menyebut penangkaran buaya milik warga ini sudah lama tak terawat. Bahkan penangkaran buaya ini diminta warga untuk tidak lagi berada di lokasi tersebut lantaran kondisi penangkaran dekat permukiman warga.

"Buaya di penangkaran ini kan ada berjumlah 20 ekoran, ukurannya juga besar-besar. Dari buaya yang kita evakuasi ini, baru 2 yang sudah kita bawa ke penangkaran yang jauh dari warga, selebihnya buaya lainnya masih di penangkaran," ujar Syahron.

(idn/idn)