Ganjil Genap TMII, Polisi Putar Balik Puluhan Kendaraan Pelat Ganjil

Athika Rahma - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 16:43 WIB
Ganjil genap di TMII (Athika Rahma/detikcom)
Ganjil-genap di TMII. (Athika Rahma/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya kembali memberlakukan ganjil-genap di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Hari ini, petugas yang berjaga telah memutarbalikkan 37 kendaraan roda empat berpelat ganjil yang hendak memasuki kawasan TMII.

Pantauan detikcom di lokasi pada Minggu (26/9/2021) pukul 15.00 WIB, terlihat petugas gabungan Polri, Dishub, dan Pol PP tengah berjaga di pintu utama kawasan wisata tersebut. Para pengendara mobil tampak mengantre dalam pemeriksaan ganjil-genap tersebut.

"Saat ini dari pukul 12.00 WIB sudah ada 37 kendaraan yang diputar balik, memang lebih sedikit dibanding kemarin 45 kendaraan (di jam yang sama)," ujar Perwira Pengendali Pos Ganjil-Genap TMII Nurhidayat kepada detikcom.

Nurhidayat mengatakan pengunjung yang hendak masuk ke TMII rata-rata memang hendak berwisata. Namun ada juga pihak yang datang untuk melakukan persiapan pelaksanaan tes CPNS 2021. Mereka diizinkan masuk untuk keperluan tersebut.

"Di dalam memang ada yang lagi urusin buat CPNS besok. Itu juga tenaga kesehatan. Untuk yang tes juga tidak berlaku ganjil-genap ini," katanya.

Sejauh ini, Nurhidayat tidak menemukan kendala dalam menertibkan pengendara yang berpelat ganjil. Mereka menaati peraturan dan bersedia diputar balik.

"Yang ngeyel nggak ada. Langsung ngerti semua dan putar balik," katanya.

Adapun, secara total, jumlah petugas gabungan yang berjaga di lokasi berjumlah 17 orang, terdiri dari 9 polisi, 4 petugas Dishub, dan 4 petugas Satpol PP.

(isa/isa)