Pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR Diumumkan Selasa

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 15:37 WIB
Wakil Ketua DPR II Aziz Syamsudin memimpin pelantikan pimpinan Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Mereka yang dilantik adalah Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia dari Fraksi Golkar, Wakil Ketua Arif Wibowo Fraksi PDIP, Saan Mustopa Fraksi NasDem, Yaqut Cholil Fraksi PKB, dan Arwani Thomafi Fraksi PPP.
Azis Syamsuddin saat masih menjabat pimpinan DPR RI. (Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta -

Pengganti Azis Syamsuddin di kursi Wakil Ketua DPR RI disebut telah ada di kantong Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Namun, siapa sosok pengganti tersebut belum diungkapkan dan akan diumumkan dua hari lagi.

"Terkait nama pengganti, tidak ada yang tahu, karena hak prerogatif Ketua Umum. Rencananya Selasa (28/9) sore diumumkan," kata Ketua DPP Golkar Adies Kadir, saat dihubungi, Minggu (26/9/2021).

"Sepertinya, nama sudah ada di kantong Ketum," ujarnya.

Azis Syamsuddin disebut telah mengundurkan diri dari Wakil Ketua DPR sebelum penangkapan KPK pada Jumat (24/9). Surat pengunduran dirinya disampaikan ke Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Partai Golkar dengan ini memberitahukan bahwa Saudara Azis Syamsuddin telah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 kepada DPP Partai Golkar ke Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Adies di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Sabtu (25/9).

Adies mengatakan semua kader Partai Golkar memiliki peluang menggantikan Azis sebagai pimpinan DPR. Adies menyebut keputusan siapa pengganti Azis Syamsuddin merupakan hak prerogatif Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Di Partai Golkar semua kader berkualitas, siapa pun punya kans (peluang) untuk menduduki jabatan tersebut. Kami punya 85 orang anggota DPR Fraksi Partai Golkar. Semua punya kans untuk jabatan tersebut, dan hal ini merupakan hak prerogatif Ketum Partai Golkar," ujarnya.

Seperti diketahui, Golkar akan mengganti Azis Syamsuddin yang kini telah menjadi tersangka dan ditahan KPK karena kasus korupsi. Azis diduga menyuap AKP Stepanus Robin Pattuju. Suap diduga diberikan Azis ketika Robin masih menjadi penyidik KPK.

Simak video 'Akhir Kisah Azis Syamsuddin: Terseret Korupsi, Mundur dari DPR RI':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/imk)