Vanuatu Lagi-lagi Serang soal HAM Papua, Indonesia Beri Jawaban Menohok

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 14:22 WIB
Sekretaris Ketiga Perwakilan Tetap RI New York, Sindy Nur Fitry (Dok. Kemenlu)
Sekretaris Ketiga Perwakilan Tetap RI New York, Sindy Nur Fitry (Dok. Kemenlu)
Jakarta -

Republik Vanuatu untuk kesekian kalinya mengusik Indonesia terkait masalah Papua di Sidang Umum PBB. Indonesia menjawab semua tudingan Vanuatu terkait isu pelanggaran HAM di Papua.

Mulanya, dalam forum Sidang Umum PBB, Vanuatu menuding ada pelanggaran HAM di wilayah Papua Barat. Vanuatu menyebut ada pelanggaran HAM terhadap masyarakat adat di Papua Barat.

"Pelanggaran hak asasi manusia terjadi secara luas di seluruh dunia. Di wilayah saya, masyarakat adat Papua Barat terus menderita pelanggaran hak asasi manusia," kata Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman Weibur dalam pidatonya.

Dia juga meminta Indonesia mengizinkan PBB mengunjungi Papua. Hal ini agar PBB bisa menilai keadaan HAM di Papua.

"Forum Pasifik dan Pemimpin ACP di antara para pemimpin lainnya telah meminta Pemerintah Indonesia untuk mengizinkan Kantor Komisaris Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengunjungi Provinsi Papua Barat dan untuk memberikan penilaian independen tentang situasi hak asasi manusia," ujarnya.

Untuk diketahui, bukan pertama kali ini saja Vanuatu mengusik Indonesia di Sidang Umum PBB. Dalam sidang-sidang PBB tahun sebelumnya, Vanuatu terus mengungkit soal masalah HAM di Papua.

Bagaimana respons Indonesia? Silakan klik halaman selanjutnya.

Simak juga 'Saat Mahfud soal Tudingan Pelanggaran HAM di Papua: Vanuatu Mengada-ada':

[Gambas:Video 20detik]