Puan Soroti Mobilitas Warga Jakarta Jelang Akhir Tahun

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 13:05 WIB
Jakarta -

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyoroti mobilitas warga DKI Jakarta menjelang akhir tahun nanti. Dia menyebut, jika menjelang akhir tahun mobilitas warga tidak terkendali, tidak tertutup kemungkinan akan ada peningkatan kasus COVID-19.

"Apalagi ya itu, DKI menjelang Natal dan tahun baru biasanya banyak kegiatan walaupun situasi COVID ini tidak mungkin kita lakukan kegiatan saat normal. Nah ini yang harus tentu dijaga ya," kata Puan di SMKN 72, Tegal Alur, Jakarta Barat, Minggu (26/9/2021).

Dia meminta para petinggi tetap mempertahankan status zona hijau di DKI Jakarta. Terlebih, kini sebagian besar wilayah Jakarta sudah menyandang status zona hijau.

"Saya minta yang paling masalah itu bagaimana mempertahankannya agar tetap bisa zona hijau terus," ucap Puan.

"Tentunya bersama tiga pilar jajarannya," sambungnya.

Puan juga menyoroti wilayah Jakarta Barat yang terkenal akan penduduknya yang padat. Dalam kunjungannya ke gerai vaksin di SMKN 72 Jakarta Barat yang berlokasi di wilayah padat penduduk, Puan menyebut salah satu permasalahan penyebaran COVID-19 berlokasi di wilayah padat penduduk.

"Saya memang datang ke tempat padat penduduk, kecil, karena memang di sinilah permasalahannya. Kalau daerah yang nggak terlalu padat penduduk mungkin lebih mudah mengaturnya," jelas Puan.

"Justru di sini ini agak susah namun kita harus sama-sama menunjukkan kepedulian kita bahwa kita mau untuk susah payah demi kita semua. Demi Jakarta, demi Indonesia," sambungnya.

Puan bahkan membandingkan kunjungannya ke Provinsi Banten. Dia menyebut banyak warga Banten yang menjalani vaksinasi di DKI Jakarta, begitu pun sebaliknya.

Ini disebabkan banyak sekali masyarakat Banten dan DKI Jakarta yang melakukan mobilitas antarprovinsi. Ini pulalah yang membuat pemerintah menerapkan aturan penyekatan di perbatasan wilayah agar memastikan kedua wilayah tersebut aman.

"Makanya ini kita harus sebagai pemangku yang menjadi pemimpin wilayahnya ini. Kita harus sama-sama peduli, sama-sama bergotong royong bagaimana harus mengatasi hal tersebut," ungkapnya.

Hadir dalam acara vaksinasi, Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris, Wakapolda Metro Jaya Irjen Wahyu Hadiningrat, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji.

(isa/isa)