Hadiri HUT Ke-61 Karang Taruna di Jakarta, Gibran Ajak Bantu Atasi Pandemi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 13:04 WIB
Jakarta -

Ketua Majelis Pertimbangan Nasional Karang Taruna (MPNKT) Gibran Rakabuming Raka berbicara mengenai kontribusi Karang Taruna dalam membantu penanganan pandemi COVID-19. Gibran meminta kader Karang Taruna proaktif membantu pemerintah, khususnya mengatasi permasalahan sosial yang timbul selama pandemi Corona.

"Sebagai salah satu organisasi kepemudaan yang memiliki kader di seluruh tanah air sampai tingkat RT/RW, Karang Taruna harus terus kolaborasi dengan semua pihak, terutama pemerintah yang saat ini menghadapi berbagai persoalan sosial," kata Gibran dalam acara Kegiatan HUT Karang Taruna Ke-61 di Grand Mercure Lotus, Jakarta, yang ditayangkan virtual, Minggu (26/9/2021).

Wali Kota Solo itu menginstruksikan agar Karang Taruna dapat berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi nasional. Sebagai organisasi nasional, Gibran menilai Karang Taruna mampu menyesuaikan diri serta mengatasi disrupsi di berbagai sektor akibat transformasi digital.

"Kita dituntut untuk adaptif, kreatif dan inovatif agar dapat bertahan dan mampu bersaing, apalagi kita masih berjuang mengatasi pandemi COVID-19 yang membutuhkan partisipasi semua pihak untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan pemulihan ekonomi," ujarnya.

Ke depannya, Gibran berharap Karang Taruna dapat melahirkan pengusaha muda yang berjiwa sosial tinggi.

"Saya berharap agar organisasi Karang Taruna bisa menjadi wadah melahirkan entrepreneur muda yang tidak hanya handal dalam bidang usaha, tapi memiliki jiwa sosial atau social entrepreneur yang memberi kontribusi pada masyarakat dan negara," imbuhnya.

Ketua Umum PNKT Didik Mukrianto mengajak agar Karang Taruna dapat berpartisipasi dalam mengatasi kesulitan masyarakat. Khususnya, di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

"Ancaman keselamatan warga negara, terganggunya ekonomi nasional, terputusnya akses kesejahteraan dan potensi persoalan sosial menjadi tanggungjawab dan beban kita untuk terus berpartisipasi penuhi panggilan dan tugas sosial," ujar Didik.

Anggota Komisi III DPR itu meyakini, melalui semangat solidaritas, di masa mendatang Karang Taruna dapat melahirkan pemimpin berintegritas dan bermoral.

"Melahirkan wirausahawan dan pengusaha berwatak sosial, melahirkan pemimpin bangsa serta sebagai penjaga moral dan karakter bangsa adalah bagian dari perjuangan Karang Taruna yang harus kita ikhtiarkan," sebutnya.

(idn/idn)