Ini Kader Golkar yang Dinilai Cocok Gantikan Azis Syamsuddin Jadi Waka DPR

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 07:29 WIB
Hendri Satrio
Foto: Hensat (istimewa)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK. Partai Golkar kini tengah mencari-cari kader yang tepat menggantikan Azis Syamsuddin di kuris Pimpinan DPR.

Sampai saat ini Partai Golkar belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan Azis Syamsuddin. Ketua Badan Hukum dan HAM (Bakumham) DPP Partai Golkar, Supriansa menyebut keputusan pengganti Azis berada di tangan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Ya kita tunggu saja siapa yang akan diputuskan oleh Ketua Umum Golkar untuk menggantikan posisi Pak Azis Syamsuddin, karena sampai sore ini belum ada nama yang pasti," kata Supriansa saat dihubungi, Sabtu (25/9/2021).

Lantas siapakah sosok yang tepat? Pakar politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio alias Hensat menyebutkan ada 3 kriteria yang cocok untuk menggantikan Azis Syamsuddin.

"Golkar punya banyak politisi hebat, jadi artinya siapapun yang dipilih oleh Airlangga itu pasti oke-oke aja, tapi menurut saya nanti Airlangga sebaiknya memiilih calon atau pengganti Azis itu setidak-tidaknya ada tiga kriteria lah," ucapnya.

Simak selengkapnya sosok yang cocok gantikan Azis Syamsuddin.

Saksikan video 'Akhir Kisah Azis Syamsuddin: Terseret Korupsi, Mundur dari DPR RI':

[Gambas:Video 20detik]