Walkot Minta Koperasi di Mojokerto Go Digital & Jadi Penggerak Ekonomi

Erika Dyah - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 21:24 WIB
Wali Kota Mojokerto
Foto: Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Pemerintah Kota Mojokerto mengadakan puncak acara Hari Koperasi Nasional ke-74 secara daring dan luring. Kegiatan bertema 'Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat' ini berlangsung di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat, Jl. Hayam Wuruk, No. 50, Kota Mojokerto.

Dalam acara dengan tagline Digitalisasi Menuju Koperasi Modern ini, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menekankan bahwa koperasi harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Pada era industri 4.0, bahkan menuju revolusi ke 5.0, maka koperasi sebagai soko guru nasional tidak boleh ketinggalan, harus ikut mengadopsi pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatannya," ujar Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/9/2021).

Menurutnya, sudah saatnya koperasi mengambil peran penting terkait pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan perkoperasian. Ita berharap Kota Mojokerto sebagai kota perdagangan dan jasa bisa menjadikan koperasi sebagai salah satu sektor pemberi layanan jasa yang mengambil bagian sebagai penggerak ekonomi di wilayahnya.

"Era digital yang menuntut pelayanan serba cepat dan mudah, sudah saatnya koperasi dalam melayani anggotanya bisa memberikan kemudahan dengan memanfaatkan teknologi informasi," tegasnya.

"Saat ini kita akan berupaya secara maksimal, bagaimana melalui program-program pemerintah bersinergi dengan seluruh insan koperasi untuk menguatkan ekonomi yang ada di daerah," imbuhnya.

Sebagai informasi, Resepsi HUT Koperasi ke-74 ini sekaligus menjadi ajang grand final pemilihan Duta Koperasi Kota Mojokerto Tahun 2021. Diketahui, Aldy Prawira Nugraha dari Kelurahan Magersari dan Wienda Ayu Kusumawardhani dari Kelurahan Mentikan terpilih menjadi Duta Koperasi Kota Mojokerto Tahun 2021 setelah berhasil melewati seleksi ketat dari para juri.

Pada kesempatan ini, dilakukan pula penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara BPJS dengan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag). Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Ning Ita.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria beserta Ketua TP PKK, Nur Chasanah, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala DiskopUKMperindag serta perwakilan pengurus Koperasi se-Kota Mojokerto.

(ncm/ega)