Round-Up

Pesan JK di Tengah Mulai Marak Kriminalisasi Ulama

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 20:33 WIB
Jusuf Kalla (Noval/detikcom)
Jusuf Kalla (Noval/detikcom)
Makassar -

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menyoroti maraknya kasus kriminalisasi terhadap ulama. JK meminta pengurus DMI lebih waspada dan segera melapor ke polisi jika ada hal yang mencurigakan.

Pesan ini disampaikan JK saat mengecam aksi pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar oleh pria inisial KB (22) pada Sabtu (25/9) dini hari pukul 01.30 Wita. JK meminta masyarakat, khususnya warga Makassar, tidak terprovokasi oleh aksi itu.

"Saya selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia mengecam keras tindakan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar yang diperkirakan terjadi pada dini hari tadi. Dan saya berharap kepada masyarakat, terutama Umat Islam di Makassar dan daerah lainnya di Indonesia, agar tidak terprovokasi atas tindakan tersebut. Kita serahkan semuanya kepada kepolisian untuk mengungkap pelaku dan apa motif di balik tindakannya tersebut," ujar JK dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (25/9/2021).

JK lalu menyoroti sejumlah penyerangan yang ditujukan kepada ulama dan tokoh agama dalam beberapa waktu terakhir. Dia berharap warga bersama aparat kepolisian segera mengungkap kasus tersebut.

"Saya berharap kepada para pengurus masjid di Indonesia untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat hal hal yang mencurigakan. Apalagi belakangan ini kriminalisasi kepada ulama mulai marak lagi terjadi," pesan JK.

Berikut beberapa penyerangan terhadap ulama atau tokoh agama yang terjadi belakangan ini;

Ustaz Abu Syahid Chaniago Diserang Saat Ceramah

Ustaz Abu Syahid Chaniago di Kepulauan Riau (Kepri) diserang seorang pria saat mengisi ceramah di Masjid Baitusyakur, Batu Ampar, Batam. Video penyerangan itu juga viral di media sosial.

Dilihat dari video yang diterima detikcom, Senin (20/9/2021), pria yang tidak dikenal tiba-tiba menyerang dari sisi kanan ustaz tersebut. Sementara itu, dalam video lainnya, terlihat pelaku diamankan jemaah.

Saat diamankan warga, pelaku terus melawan. Pelaku kemudian diserahkan ke Mapolsek Batu Ampar.

"Iya benar ada penyerangan," ujar Kapolsek Batu Ampar AKP Salahuddin saat dimintai konfirmasi.

Salahuddin mengatakan penyerangan terjadi Senin (20/9) siang sebelum salat Zuhur. Ustaz Chaniago diserang secara tiba-tiba.

"Pelaku sudah diamankan dan langsung dilimpahkan ke Polresta," kata Salahuddin.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.