Sore Ini, Kendaraan yang Diputar Balik di Gage TMII Lebih Banyak

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 17:16 WIB
Penjagan ganjil genap di TMII, Jakarta Timur, 25 September 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Penjagan ganjil-genap di TMII, Jakarta Timur, 25 September 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Hari ini kendaraan yang diputar balik di ganjil-genap TMII (Taman Mini Indonesia Indah) lebih banyak dibandingkan pekan lalu. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang berjaga di ganjil-genap TMII menyebutkan, dari pukul 12.00 WIB hingga sore ini, kendaraan yang diputar balik sebanyak 45 unit.

Sabtu (18/9) pekan lalu, kendaraan yang diputar balik hanya 39 kendaraan. Berdasarkan catatan petugas, kendaraan yang paling banyak diputar balik masih dari wilayah Jabodetabek.

"Dari siang jam 12.00 WIB tadi sampai sekarang total sudah ada 45 kendaraan yang diputar balik. Dari 45 kendaraan, kebanyakan itu masih dari Jabodetabek ya dari data kami," ujar salah satu petugas Dishub Jakarta Timur, Ricko D, kepada detikcom di lokasi, Jakarta Timur, Sabtu (25/9/2021).

Dalam penerapan ganjil-genap di TMII, Ricko mengaku masih ada pengemudi yang enggan diputar balik. Mereka cenderung memaksa agar bisa masuk ke area TMII.

Namun hal itu masih bisa diatasi karena petugas rutin menjelaskan penerapan ganjil-genap kepada pengendara. Melalui penjelasan yang diberikan, pengemudi menurut dan mengindahkan perintah petugas.

Penjagan ganjil genap di TMII, Jakarta Timur, 25 September 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Penjagaan ganjil-genap di TMII, Jakarta Timur, 25 September 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

"Ada juga pengemudi yang ngeyel maksa mau masuk. Tapi sama petugas bisa diatasi. Kita kasih tahu, kita kasih pemahaman kalau weekend itu ada ganjil-genap di TMII dari jam 12.00 WIB sampai 18.00 WIB. Sejauh ini mereka mengerti dan nurut kalau disuruh putar balik," kata Ricko.

Di tengah aturan ganjil-genap, masih ada pula kendaraan luar Jabodetabek yang mencoba masuk ke TMII. Karena hendak berwisata, petugas terpaksa memutar balik kendaraan.

"Tadi juga ada kendaraan rombongan dari Jawa mau masuk ke dalam. tapi kebetulan platnya genap, jadi terpaksa diputar balik," ujarnya.

Penjagan ganjil genap di TMII, Jakarta Timur, 25 September 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Penjagaan ganjil-genap di TMII, Jakarta Timur, 25 September 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Total petugas yang berjaga di ganjil-genap TMII berkisar 15 orang. Mereka gabungan dari polisi, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP.

Terkait situasi saat ini, Ricko mengaku kendaraan yang masuk ke TMII sedikit landai. Hingga sore pukul 15.59 WIB, tidak terjadi kepadatan dan antrean di pintu masuk TMII.

"Kalau untuk hari ini sedikit landai ya. Sampai sore ini kendaraan yang masuk juga belum terlalu banyak," terangnya.

(dnu/dnu)