JK Kecam Pembakaran Mimbar Masjid Makassar: Kriminalisasi Ulama Marak Lagi

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 13:50 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) (Noval-detikcom).
Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (Noval/detikcom)
Makassar -

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengecam tindakan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar. JK meminta warga tidak terprovokasi dan menyerahkan kasus ini ke polisi.

"Saya selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia mengecam keras tindakan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar yang diperkirakan terjadi pada dini hari tadi. Dan saya berharap kepada masyarakat, terutama umat Islam di Makassar dan daerah lainnya di Indonesia, agar tidak terprovokasi atas tindakan tersebut," ujar JK dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (25/9/2021)

JK menegaskan kepolisian akan mengungkap motif pelaku melakukan aksi pembakaran mimbar masjid.

"Saya yakin dan percaya, aparat kepolisian segera menangkap pelaku serta mengungkap motifnya," tuturnya.

Mewaspadai kasus serupa terjadi di masjid lain, JK berpesan kepada jajaran pengurus masjid di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada yang berwenang apabila melihat hal hal mencurigakan. Apalagi, menurut JK, kriminalisasi terhadap ulama mulai marak kembali belakangan ini.

"Saya berharap kepada para pengurus masjid di Indonesia untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat hal-hal yang mencurigakan. Apalagi belakangan ini kriminalisasi kepada ulama mulai marak lagi terjadi," imbuhnya.

Selain itu, JK menyampaikan keprihatinannya atas sejumlah kasus kekerasan yang menimpa ulama atau tokoh agama belakangan ini.

"Semoga aparat kepolisian bersama-sama masyarakat dapat mencegah terjadinya kasus-kasus seperti ini di masa yang akan datang," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap pelaku yang membakar mimbar Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan. Pelaku berinisial K itu diamankan untuk diinterogasi lebih lanjut.

"Sudah ditangkap, pelaku inisial K," ucap Kapolrestabes Makassar Kombes Urip Witnu Laksana saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/9/2021).

Pelaku ditangkap sekitar pukul 13.35 Wita atau tidak lama setelah pihak kepolisian melakukan olah TKP di lokasi. Pelaku K diamankan tak jauh dari lokasi masjid Raya Makassar.

"(Ditangkap) di seputaran Al-Markaz," ucap Witnu.

Witnu mengatakan pelaku merupakan warga sekitar dan pengangguran. Pelaku ini masih diinterogasi aparat di lapangan, termasuk mencari tahu motif pembakaran.

"Pelaku pengangguran. Motif masih didalami," pungkas Urip.

Aksi pembakaran mimbar masjid ini terjadi sekitar pukul 01.30 Wita tadi. Aksi pelaku itu sempat disaksikan warga tapi pelaku berhasil melarikan diri.

Lihat Video: Mimbar Masjid Raya Makassar Dibakar OTK, Pelaku Diidentifikasi!

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/idh)