Puan: Jangan Sampai Generasi Masa Depan Tercerabut dari Akar Budaya Bangsa

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 13:35 WIB
Ketua DPR Puan Maharani.
Foto: Ketua DPR Puan Maharani (dok. istimewa)
Jakarta -

Ketua DPR RI, Puan Maharani, bicara soal peran pemuda di tengah pandemi Corona atau COVID-19. Dalam kesempatan ini, Puan memuji soal kerja Karang Taruna.

"Generasi muda adalah pemilik masa depan bangsa. Karang Taruna selama ini sudah terus menjadi organisasi sosial, organisasinya anak muda yang tidak pernah mager atau malas gerak yang selalu aktif menghadirkan solusi untuk mengentaskan persoalan-persoalan sosial sampai ke desa-desa," ujar Puan dalam webinar nasional yang disiarkan kanal YouTube Pengurus Nasional Karang Taruna, Sabtu (25/9/2021).

Puan kemudian bicara soal kemajuan teknologi. Dia mengatakan kemajuan teknologi membawa masyarakat di berbagai belahan dunia terbuka dan terhubung secara sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

Dia menilai hal itu memberi dampak positif dan negatif. Puan mengingatkan anak muda untuk mengantisipasi dampak negatif kemajuan teknologi agar tidak tercerabut atau terasing dari akar budaya bangsa Indonesia.

"Kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi, apabila tidak diantisipasi, akan menciptakan kondisi di mana generasi muda mengalami disorientasi dan cara pandang terhadap kehidupannya sebagai warga bangsa Indonesia. Jangan sampai generasi penerus masa depan bangsa kita tercerabut dari akar-akar budaya bangsa, baik dalam hal etika maupun moral sebagai komunitas bangsa," paparnya.

"Di masa pandemi COVID-19, kita semakin membutuhkan nilai kebangsaan Indonesia seperti gotong royong untuk diterapkan segenap elemen bangsa. Dengan kita semua terapkan gotong royong dalam lingkungan kita masing-masing, mulai dari yang kecil-kecil, ketika kita kumpulkan akan jadi gotong royong berskala besar yang Insyaallah dapat membantu usaha bersama kita untuk membawa Indonesia keluar dari pandemi," sambung Puan Maharani.