Golkar Siapkan Pengganti Wakil Ketua DPR Jika Azis Syamsuddin Ditahan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 23:40 WIB
KPK telah menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dugaan kasus korupsi di Lampung Tengah. Azis Syamsuddin telah tiba di gedung KPK usai dijemput KPK.
Azis Syamsuddin (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Golkar masih menunggu kepastian hukum mengenai kasus yang menjerat Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Golkar akan menyiapkan pengganti Azis sebagai Wakil Ketua DPR jika Azis ditahan KPK.

"Jika benar beliau ditetapkan tersangka dan ditahan, tentu Partai Golkar akan melakukan langkah persiapan pergantian posisi Wakil Ketua DPR RI sesuai mekanisme, baik yang ada di internal Partai Golkar maupun sesuai dengan UU MD3," kata Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) DPP Golkar Supriansa kepada wartawan, Jumat (24/9/2021).

Supriansa mengatakan Golkar akan memberikan bantuan hukum jika Azis Syamsuddin meminta. Hingga saat ini, Supriansa mengatakan Azis belum meminta bantuan.

"Dan jika Pak Azis S membutuhkan bantuan pendampingan hukum dari Bakumham DPP Partai Golkar, tentu kami siapkan. Namun sampai saat ini beliau belum meminta bantuan hukum di Bakumham Golkar," jelasnya.

Azis Syamsuddin sebelumnya dijerat KPK sebagai tersangka. Penetapan tersangka atas Azis Syamsuddin diduga berkaitan dengan perkara di Kabupaten Lampung Tengah.

Azis saat ini telah berada di gedung KPK. Azis dijemput penyidik untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK.

Sebelum dibawa ke gedung KPK, Azis menjalani tes swab antigen. Hasilnya negatif COVID-19.

"Yang bersangkutan kami persilakan mandi dan persiapan dulu, sambil menunggu penasihat hukum. Test swab antigen negatif," ungkap Wakil Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan, Jumat (24/9).

Azis tiba di gedung KPK pada pukul 19.54 WIB. Dia mengenakan kemeja batik, dan langsung masuk gedung KPK.



Simak Video "Azis Syamsuddin Ngaku Isoman, Dites Antigen Hasilnya Negatif"
[Gambas:Video 20detik]
(lir/jbr)