Kapan Pemprov DKI Jakarta Membuka Karaoke di Masa PPKM?

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 21:00 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).
Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di Ibu Kota. Di masa perpanjangan kali ini, pemerintah menerapkan pelonggaran di sektor pariwisata dan hiburan, mulai dari pembukaan bioskop dan tempat wisata. Lalu, bagaimana nasib karaoke di DKI Jakarta?

"Dalam proses. Jadi sabar, pelonggaran ini butuh waktu, proses dan tahapan. Tidak bisa serta merta bisa semua langsung di buka," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/9/2021).

Riza menuturkan, kebijakan pelonggaran PPKM 3 memerlukan proses dan tahapan. Sebab, Pemprov DKI perlu menjamin penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 berjalan baik.

"Kita berusaha sebaik mungkin, seadil mungkin, tetapi kita juga harus memperhatikan prokes dan kesehatan bagi seluruh warga dan keselamatan bagi warga," ujarnya.

Untuk itu, Riza menegaskan pembukaan karaoke akan dilaksanakan pada waktu yang tepat.

"Tidak bisa semuanya dibuka. Tapi pada waktunya akan di buka," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah mengizinkan uji coba tempat wisata di wilayah yang menerapkan PPKM level 3. Di DKI Jakarta sendiri, setidaknya ada 3 tempat wisata yang menjalankan uji coba.

"Ada tiga. TMII, Ancol dan Setu Babakan," kata Kepala Seksi Pengawasan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Iffan saat dihubungi, Minggu (12/9).

Lokasi wisata di Jakarta dibolehkan buka dengan prokes ketat. Dan, pengunjung dan pegawai wajib divaksin. Termasuk anak usia kurang dari 12 tahun dilarang masuk.

Pemprov DKI Jakarta juga melakukan uji coba pembukaan bioskop selama penerapan PPKM level 3. Uji coba dilakukan di seluruh bioskop di Jakarta.

"Iya, hari ini. Bisa dibilang seluruh bioskop di Jakarta sudah dibuka," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya saat dihubungi, Kamis (16/9/2021).

Gumilar memastikan semua bioskop di Ibu Kota telah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi. Mekanisme pembukaan bioskop, sebutnya, sesuai dengan Surat Edaran Kemenparekraf.

(aik/aik)