Megawati Beri Penghargaan-Bonus ke Atlet Paralimpiade Tokyo

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 17:23 WIB
Megawati Beri Penghargaan-Bonus ke Atlet Paralimpiade Tokyo
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (Foto: dok. PDIP)
Jakarta -

PDIP memberikan penghargaan kepada atlet-atlet Indonesia yang meraih medali pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diperoleh para atlet dan berpesan agar mereka terus berjuang.

"Terima kasih banyak dengan membuat kebanggaan Indonesia, dan terus berjuang. Jangan ada putus asa, percaya diri, menatap mata kepada siapa pun selalu mengatakan bahwa saya adalah manusia biasa," kata Megawati dalam sambutannya, Jumat (24/9/2021).

Megawati menilai keberhasilan para atlet Paralimpiade membawa pulang medali merupakan sebuah prestasi yang luar biasa. Dia meminta para orang tua untuk tidak berkecil hati memiliki anak penyandang disabilitas.

"Saya ingin para orang tua jangan merasa menjadi berkecil hati. Sudah banyak alat bantu yang dapat dilaksanakan dan kita bisa lihat prestasi itu di dalam para olahragawan olahragawati yang berjuang untuk kemenangan Indonesia di Paralimpiade," ujarnya.

Lebih lanjut Megawati menegaskan seharusnya para penyandang disabilitas dapat merasakan kehidupan yang sama dengan warga biasanya.

Megawati Beri Penghargaan-Bonus ke Atlet Paralimpiade TokyoPDIP memberikan penghargaan-bonus kepada atlet Paralimpiade Tokyo (Foto: dok. PDIP)

Dia lantas bercerita saat dirinya menjabat presiden, ada dua kebijakan yang menempatkan penyandang disabilitas selayaknya masyarakat umum, yakni Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Megawati mengatakan UU Perlindungan Anak menyatakan setiap anak, termasuk penyandang disabilitas, berhak memperoleh pendidikan dan rehabilitasi sosial. Kemudian, isi UU Ketenagakerjaan salah satunya mengatur bahwa warga penyandang disabilitas berhak memperoleh akses untuk mendapatkan pelatihan kerja.

"Mereka yang mengalami hal yang tidak seperti manusia biasa, mereka dapat menjadi manusia juga yang sempurna, dengan alat bantu, dengan direhabilitasi. Itu sudah banyak, sudah bisa, tetapi masih kurang, kurang sekali mendapatkan akses," ujarnya.

Untuk diketahui, penghargaan yang diberikan oleh PDIP berupa piagam penghargaan serta uang tunai kepada para atlet peraih medali dan para pengurus atlet.

Dalam kesempatan itu, DPP PDIP turut memberikan piagam penghargaan dan hadiah uang Rp 100 juta untuk peraih medali emas, Rp 50 juta untuk peraih medali perak, Rp 25 juta untuk peraih medali perunggu, dan Rp 10 juta untuk finalis.

Sebelumnya, Indonesia membawa pulang 9 medali dari ajang Paralimpiade Tokyo 2020, terdiri dari 2 medali emas, 3 medali perak, dan 4 medali perunggu. Sembilan medali itu merupakan pencapaian terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di Paralimpiade.

Sementara itu atlet yang belum berhasil mendapat medali diberikan bantuan senilai Rp 10 juta, dan bagi pelatih serta pengurus tim Paralimpiade Indonesia diberikan bantuan oleh PDIP senilai Rp 50 juta.

Berikut atlet-atlet Paralimpiade Tokyo 2020 peraih medali yang mendapatkan penghargaan dari DPP PDIP:

1. Parabadminton Ganda Putri (emas) - Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah

2. Parabadminton Ganda Campuran (emas) - Hary Susanto dan Leani Ratri Oktila

3. Parabadminton Tunggal Putri SL4 (perak) - Leani Ratri Oktila

4. Parabadminton Tunggal Putra SU5 (perak) - Dheva Anrimusthi

5. Parapowerlifting Putri 41 Kg (Perak) - Ni Nengah Widiasih

6. Paraatletik Putra 100 meter (perunggu) - Saptoyogo Purnomo

7. Paratenis meja Tunggal Putra (perunggu) - David Jacobs

8. Parabadminton Tunggal Putra SU5 (perunggu) - Suryo Nugroho

9. Parabadminton Tunggal Putra SU4 (perunggu) - Fredy Setiawan

(eva/yld)