Kapan Sholat Zuhur di Hari Jumat bagi Wanita? Simak di Sini Jawabannya

Rahma Indina Harbani - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 16:37 WIB
Young muslim woman praying in mosque while wearing prayer veil
Foto: Dok. iStock/Kapan Sholat Zuhur di Hari Jumat bagi Wanita? Simak di Sini Jawabannya
Jakarta -

Wanita muslim tidak dikenakan kewajiban sholat Jumat layaknya pria. Namun muslimah tetap harus mendirikan sholat dzuhur, seperti yang biasa dilakukan tiap hari sebanyak empat rakaat.

Kapan sholat dzuhur di hari Jumat bagi wanita?

Dikutip dari buku Cahaya Nabawiy Edisi 166 Perang Salib Di Era Internet yang ditulis Tim Cahaya Nabawiy. Waktu yang paling tepat pelaksanaan sholat Zuhur di hari Jumat bagi wanita yakni sesuai dengan masuknya waktu sholat Zuhur seperti halnya hari biasa.

"Bagi kaum wanita hanya diwajibkan sholat dzuhur dan dapat dilaksanakan setelah masuk waktu dzuhur sebagaimana hari-hari biasanya. Tidak harus menunggu selesainya pelaksanaan sholat Jumat," tulis Tim Cahaya Nabawiy.

Selain waktu pelaksanaan sholat dzuhur, pertanyaan lain yang kerap muncul adalah jika wanita melaksanakan sholat Jumat.

Bagaimana hukumnya bagi wanita yang melaksanakan sholat Jumat?

Dikutip dari Majalah Asy-Syariah edisi 109: Sang Teladan karya tim Oase Media, perkara yang lebih utama bagi wanita adalah sholat dzuhur di rumah dibandingkan sholat Jumat di masjid. Pendapat ini ditekankan dalam Bughyatul Mustarsyidin dan Al Syarah Muhadzdzab yang dilansir dari buku Buku Pintar Hafalan Salat.

"Sholat dzuhur bagi wanita itu sudah cukup sebagai pengganti dari sholat Jumat. Artinya, wanita tidak dikenakan kewajiban dalam melaksanakan sholat sunnah Jumat," tulis buku karya Abdoellah Rafie Aoenillah tersebut.

Abu Malik Kamal ibn Sayyid Salim dalam buku Fiqih Sunnah Wanita juga menyebut tidak ada kewajiban sholat Jumat bagi para wanita. Pendapat ini merujuk pada hadits Rasulullah SAW dalam shahih Ibnu Khuzaimah (3/112), al-Mughni (2/238), al-Majmu' (4/495), dan al-Muhalla (5/55).

Namun jika seorang wanita turut serta dalam sholat Jumat tersebut, para ulama sepakat sholatnya tetap dianggap sah dan kewajiban sholat dzuhur telah gugur untuknya. Tentunya sholat Jumat harus dilakukan berjamaah dengan imam. Selanjutnya dia tak perlu lagi sholat zuhur.

Ulama Quraish Shihab dalam buku Mistik, Seks, dan Ibadah juga memperkuat pendapat tersebut. Ia menceritakan di masa Rasulullah SAW, banyak wanita yang ikut menghadiri sholat Jumat bersama rasul. Bahkan Rasulullah juga berpesan agar jangan melarang wanita mengunjungi masjid.

Gimana detikers? Sudah paham mengenai persoalan sholat dzuhur di hari Jumat bagi wanita bukan? Selamat membaca ya.

(rah/row)