Isu Reshuffle Berembus, PKB Sindir Ada Menteri Kerjanya Malah Kampanye

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 06:42 WIB
Daniel Johan
Foto: Daniel Johan
Jakarta -

Isu reshuffle kabinet berembus dan dikaitkan kebiasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil keputusan penting pada Rabu Pon. PKB, sebagai parpol dalam koalisi Jokowi-Ma'ruf, menegaskan reshuffle merupakan kewenangan Jokowi.

Ketua DPP PKB, Daniel Johan, menyebut reshuffle merupakan hal yang wajar. Dia mengatakan yang paling penting adalah semua menteri harus bekerja maksimal, bukannya malah kampanye.

"Tapi yang penting semua menteri kerja optimal, bukan malah kampanye sendiri-sendiri," kata Daniel kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).

Daniel tak menjelaskan detail siapa menteri yang disebutnya malah berkampanye itu. Namun, dia menyebut ada sejumlah kementerian yang kinerjanya tak optimal di tengah pandemi Corona.

"Yang utama saat ini adalah kementerian yang terdampak pandemi seperti kesehatan, pangan pendidikan dan ekonomi, sektor riil harus banyak terobosan," ucapnya.

Sebelumnya, isu reshuffle kabinet diembuskan relawan Jokowi Mania (JoMan) yang mengaku mendapat informasi kuat. JoMan mengklaim reshuffle kabinet digelar akhir September atau setidaknya awal Oktober.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi kerap mengambil keputusan penting, seperti reshuffle kabinet, pada Rabu Pon. Rabu, 29 September 2021, dalam kalender Jawa merupakan Rabu Pon.

Lihat juga video 'Ketum PAN Tepis Bahas Koalisi-Reshuffle Kabinet saat Ketemu Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: