Pria yang Cabuli ABG Sesama Jenis di Kapuas Ditangkap

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 23:47 WIB
Ilustrasi Penjara
Ilustrasi Penjara (Foto: Getty Images/iStockphoto/bortn76)
Jakarta -

Seorang pria berinisial WN (35) diduga melakukan pencabulan sesama jenis terhadap AH (16). WN ditangkap polisi karena aksinya itu.

Kasat Reskrim Polres Kapuas AKP Kristanto Situmeang menjelaskan peristiwa pencabulan sesama jenis itu terjadi pada Senin (13/9) lalu sekitar pukul 21.00 WIB di Desa Anjir Serapat Barat, Kapuas Timur, Kalimantan Tengah. Pelaku membujuk korban untuk mau pergi ke rumahnya dengan cara dibelikan rokok dan minuman.

"Terlapor mengajak korban jalan-jalan dan membelikan minuman dan rokok. Kemudian korban diajak ke rumahnya," ujar Kristanto kepada wartawan, Kamis (23/9/2021) malam.

Sesampai di rumah, Kristanto menerangkan, pelaku langsung melepaskan bajunya dan melepaskan pakaian korban. Korban pun dicabuli.

Setelah itu, korban langsung diantar pulang oleh pelaku. "Setelah selesai melakukan pencabulan, korban diantar terlapor untuk pulang," katanya.

Lebih lanjut, Kristanto menyebut pelaku sudah pernah melakukan hal serupa sebelumnya. Namun, setelah menikah, pelaku sudah tidak pernah melakukannya.

"Infonya sebelum nikah begitu. Tapi setelah nikah dan punya anak nggak lagi. Nah pas pisah jarak dengan istrinya yang seorang guru, sekitar 1 atau 2 bulan hasrat awalnya balik lagi," imbuh Kristanto.

Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat dengan Pasal 82 ayat (1) dan ayat (2) Undang-undang RI No 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No 1 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang No 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Pelaku terancam hukuman di atas 5 tahun penjara.

(dwia/dwia)