Ade Vernanda Harap Mundur dari DPRD di Sumbar demi Ortu Jadi Jalan Terbaik

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 22:35 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan F-PAN, Ade Vernanda, mundur dari jabatan anggota dewan karena ingin fokus mengurus ortu yang sakit (dok Istimewa)
Anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan F-PAN, Ade Vernanda, mundur dari jabatan anggota dewan karena ingin fokus mengurus ortu yang sakit. (dok Istimewa)
Solok Selatan -

Ade Vernanda memilih mundur dari jabatan anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, demi mengurus orang tuanya yang sedang sakit. Dia mengaku telah memantapkan pilihan hatinya.

"Bismillah. Mudah-mudahan ini adalah jalan terbaik," kata Ade dalam percakapan dengan detikcom, Kamis (23/9/2021) malam.

Ade merupakan anggota DPRD Solok Selatan fraksi PAN periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan 1 Sangir. Lelaki kelahiran 14 Maret 1989 itu, menjabat Wakil Ketua Fraksi PAN.

Ade merupakan anak sulung dari dua bersaudara. Sejak enam bulan terakhir, orang tuanya sakit dan tidak ada yang bisa fokus merawat, karena adik satu-satunya ikut suami di Padang. Kondisi itu membuat fokusnya terbagi, antara kewajiban mengurus orang tua dan kewajiban sebagai anggota dewan. Sering kali ia tak bisa ikut rapat-rapat resmi, baik di fraksi maupun paripurna.

"Saya tak bisa mengkhianati konstituen yang telah memilih saya. Dengan apa yang saya lakukan seperti itu, saya merasa tak mampu membantu mereka (konstituen). Jadi lebih baik saya mundur saja," katanya.

"Intinya, kalau kita tidak mampu mengemban tugas menjalankan kewajiban, apalagi nantinya tak bisa memperjuangkan konstituen, untuk apa jadi anggota DPRD? Ya, mundur lebih baik," lanjutnya.

Ade mengaku tidak menyesali keputusannya. Dia menyebut kini tengah berfokus mengurus orang tuanya.

"Insyaallah nggak. Saya ingin fokus ke orang tua dulu," katanya lagi.

Ade menyebut telah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Ketua DPRD Solok Selatan sejak 6 September lalu. Dilihat detikcom, Ade membubuhkan tanda tangan dalam surat pengunduran diri di atas meterai.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.