Vaksin Moderna Berapa Kali Suntik? Simak Baik-baik Penjelasannya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 07:16 WIB
Ilustrasi vaksin Moderna
Vaksin Moderna / Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Vaksin Moderna berapa kali suntik ya? Bagi kamu yang mendapatkan vaksin Corona jenis Moderna, informasi ini perlu disimak baik-baik.

Sejak Agustus 2021 lalu, Vaksin Moderna akhirnya bisa digunakan masyarakat umum. Awalnya, Vaksin Moderna hanya diperuntukkan bagi booster tenaga kesehatan saja.

Berikut informasi singkat tentang vaksin Moderna serta vaksin Moderna berapa kali suntik.

Vaksin Moderna Berapa Kali Suntik?

Vaksin Moderna disuntikkan sebanyak dua kali atau dua dosis.

Dilansir dari situs resmi Pemprov Jakarta Tanggap Covid-19, Pada kelompok usia penerima 18 hingga di bawah 65 tahun, vaksin Moderna mampu mencegah efek keparahan infeksi Covid-19 sebesar 94,1%. Sementara untuk kelompok usia 65 tahun ke atas, vaksin Moderna mampu mencegah tingkat keparahan sebesar 86,4%. Tentunya Vaksin Moderna juga efektif dalam uji klinis untuk mencegah Covid-19 dari berbagai orang dengan kategori usia, jenis kelamin dan ras yang berbeda beda.

Informasi Vaksin Moderna di Jakarta

Sebelumnya, Vaksin Moderna hanya diperuntukan bagi tenaga medis serta masyarakat umum di fasilitas kesehatan tertentu dengan kuota yang terbatas. Namun saat ini Vaksin Moderna juga diberikan untuk masyarakat umum yang belum pernah menerima Vaksin Corona lainnya.

"Mulai hari ini, layanan vaksinasi jenis Moderna dan Pfizer tersedia di seluruh faskes dan sentra vaksin di Jakarta," tutur Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, Kamis (16/9/2021).

Seiring dengan upaya pengoptimalan program vaksinasi, saat ini sudah banyak lokasi sentra vaksinasi di Jakarta yang menyediakan Vaksin Moderna. Tentunya Vaksin Moderna diperuntukan bagi masyarakat dengan usia di atas 18 tahun untuk seluruh warga KTP Indonesia.

Saat ini, warga yang hendak mendapatkan suntikan vaksin Moderna tidak wajib menyertakan surat keterangan dokter. Surat dokter hanya dibutuhkan untuk peserta vaksin dengan kondisi autoimmune immunocompromised.

Efek Samping Setelah Vaksin Moderna

Setelah tahu vaksin Moderna berapa kali suntik, penerima vaksin juga perlu tahu kemungkinan efek sampingnya.
Sama seperti jenis vaksin lainnya, Vaksin Moderna juga kadang memiliki beberapa efek samping sederhana.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa adanya kemungkinan efek samping Vaksin Moderna seperti rasa sakit, kemerahan, bengkak pada lengan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, panas-dingin, demam, dan mual. Tetapi efek samping tersebut hanya akan terjadi selama 1-2 hari setelah vaksinasi lalu akan hilang sendiri nantinya

(imk/imk)