Pihak Haris Azhar-Fatia Klaim Sempat Surati Luhut Saat Disomasi Kedua

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 20:23 WIB
Fatia Maulidiyanti Buat Aduan ke Komnas HAM
Fatia Maulidiyanti Buat Aduan ke Komnas HAM (Kadek/detikcom)
Jakarta -

Pihak Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti mengklaim telah mengirim surat kepada Menko Marves Luhut Binar Pandjaitan usai diberi somasi kedua. Surat tersebut berisi ajakan diskusi untuk membahas perbedaan pandangan terkait dugaan fitnah dan pencemaran nama baik terhadap Luhut.

"Komunikasi sih pas saat kita menjawab somasi kedua, di situ kita juga menyampaikan bahwa kita bersedia untuk bertemu dan bahkan sampai mengundang mereka untuk membahas apa saja sih perbedaan pandangan dalam suatu masalah ini," kata tim kuasa hukum Haris dan Fatia, Al Ayyubi Harahap, usai membuat aduan ke Komnas HAM, Kamis (23/9/2021).

"Kalau memang ada informasi miskomunikasi di situ, perbedaan perspektif, tentunya baiknya harusnya dibahas pertemuan langsung," sambungnya.

Ayyubi mengatakan surat undangan sudah dikirim dan ditanggapi pihak Luhut. Namun Luhut tidak datang saat hari H.

"Undangannya sudah kita kirim ke mereka, namun mereka tidak datang. Mereka tanggapi surat undangan kami, tapi di situ juga nggak jelas datang atau tidak, tapi pada akhirnya mereka nggak datang di hari-H-nya," ujarnya.

Ayyubi mengungkapkan respons dari pihak Luhut terkait surat undangan tersebut. Dia mengatakan pihak Luhut kekeh meminta Haris Azhar dan Fatia meminta maaf serta menurunkan video yang berisi ucapan yang dinilai memfitnah dan mencemarkan nama baik Luhut.

"Jawaban mereka pada intinya mereka bilang kami tidak akan berubah dalam posisi ini, kami akan tetap pada jawaban kami yang meminta bahwa Haris Azhar dan Fatia meminta maaf dan tidak akan mengulangi perbuatan itu dan take down videonya," ungkapnya.

Sementara itu, masih di lokasi yang sama, Fatia mengatakan ada salah satu ucapan yang dipermasalahkan dalam obrolan video tersebut. Ucapan yang dipermasalahkan kata Fatia, adalah kata-kata 'bermain'.

"Seperti yang sudah beredar di media aja, yang dipermasalahkan adalah kata 'bermain'," imbuhnya.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan resmi melaporkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik. Luhut memiliki pesan khusus untuk keduanya agar bersikap kesatria dengan cara meminta maaf.

"Bersikaplah kesatria dengan meminta maaf ketika merasa melakukan kesalahan baik itu lewat perbuatan maupun perkataan," ucap Luhut dalam akun Instagram pribadinya, Rabu (22/9).

Laporan Luhut teregister dengan nomor: STTLP/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, 22 September 2021. Luhut melaporkan Haris Azhar dan Fatia terkait UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Laporan Luhut kepada Haris Azhar dan Fatia berawal dari konten di YouTube yang berjudul 'Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!!'. Pihak Luhut membantah konten yang termuat di video tersebut.

Lihat Video: Polisi Segera Panggil Luhut Terkait Laporan soal Haris Azhar-Fatia

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)