Panglima TNI Hadiri Baksos Alumni Akabri 96, Dorong Percepatan Vaksinasi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 19:54 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Ketua DPR Puan Maharani meninjau vaksinasi COVID-19 dan baksos warga di Tangerang, Banten.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Ketua DPR Puan Maharani meninjau vaksinasi COVID-19 dan baksos warga di Tangerang, Banten. (dok. Puspen TNI)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyaksikan vaksinasi COVID-19 dan bakti sosial (baksos) di SMK Negeri 2 Tangerang, Jalan Veteran, Nomor 2, Kota Tangerang, Banten. Di tengah peninjauan, Hadi sempat berkomunikasi lewat teleconference dengan perwakilan Polda Jawa Timur perihal capaian vaksinasi.

"Bagaimana dengan situasi vaksinasi di wilayah Jawa Timur? Apakah sudah sesuai dengan target hampir seluruh kabupaten/kota? Sudah sesuai target, termasuk utamanya wilayah-wilayah?" ucap Hadi, dikutip detikcom dari keterangan tertulis Puspen TNI, Kamis (23/9/2021).

Hadi, yang meninjau bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga berbicara mengenai UMKM di masa pandemi. Penyelenggara acara, yakni Alumni Akabri 1996, memang menghadirkan kegiatan UMKM digital dalam acara.

"Ide yang bagus terkait dengan UMKM skala mikro secara digital. Banyak sekali ibu-ibu di sekitar Jawa Timur yang memiliki kemampuan berkarya melalui UMKM," ujar Hadi.

"Seperti contohnya adalah adanya pembuatan kerupuk udang di Sidoarjo, kerupuk kulit di Madiun, keripik tempe di Malang. Bahkan banyak yang belum kenal Lorjuk dari Bangkalan. Apakah sudah menyentuh kepada ibu-ibu?" tanya Hadi.

Hadi menuturkan banyak potensi ibu-ibu yang dapat diberdayakan untuk ikut serta memajukan sektor UMKM di Indonesia. Dengan melek digital, Hadi menilai, masyarakat dapat memasarkan produknya seluas-luasnya.

"Belum lagi nanti di wilayah sebelah timur, di wilayah Pendalungan karena di sana budayanya ada empat, yaitu Mataraman, Pandalungan, Madura dan Are," tutur Hadi.

"Di wilayah-wilayah itu banyak sekali Ibu-ibu yang memiliki kemampuan untuk membuat kreasi makanan kecil bahkan kreasi menjahit yang bisa dipasarkan melalui UMKM digital," lanjut mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ini.

Seperti kesempatan-kesempatan sebelumnya, Hadi menyampaikan pentingnya sinergi untuk mengejar target vaksinasi. Hal itu disampaikan dia saat menutup percakapan dengan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur lewat

"Tetap jaga Sinergi TNI-Polri, bersama Pemda dan Dinkes untuk melaksanakan vaksinasi di wilayah Jawa Timur. Terima kasih," pungkas Hadi.

(aud/hri)