Diperiksa Puspomad soal Surat ke Kapolri, Brigjen Tumilaar: Hanya Klarifikasi

Trisno Mais - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 19:51 WIB
Irdam XIII/Merdeka, Brigjen Junior Tumilaar (Situs Kodam XIII/Merdeka)
Irdam XIII/Merdeka, Brigjen Junior Tumilaar (Situs Kodam XIII/Merdeka)

Berbuntut Pemeriksaan Internal

Kasus ini kemudian berlanjut ke pemeriksaan internal oleh TNI AD dan Polri. Pemeriksaan terhadap Brigjen Junior akan dilakukan oleh Pusat Polisi Militer TNI AD. Puspomad menduga ada pernyataan Junior yang tidak sesuai fakta.

"Terkait viralnya surat terbuka dengan tulisan tangan yang ditujukan kepada Kapolri serta beredarnya rekaman video pernyataan yang dibuat oleh Brigjen TNI Junior Tumilaar di media sosial, Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad) akan melakukan pemeriksaan terhadap Irdam XIII/Merdeka tersebut," ujar Danpuspomad, Letjen TNI Chandra W Sukotjo, dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9).

Sementara itu, Polda Sulawesi Utara (Sulut) mengungkap undangan klarifikasi dari Polresta Manado terhadap Babinsa Winangun tak terealisasi hingga saat ini karena dianggap tak melalui jalur koordinasi lintas institusi. Penyidik yang memberi undangan klarifikasi tersebut kini diproses Propam Polda Sulut.

"Sedang dilakukan proses internal oleh Kabid Propam Polda Sulut," ungkap Kabid Humas Polda Sulut Kombes Jules Abraham Abast dalam keterangannya kepada detikcom pada Selasa (21/9).


(haf/haf)