Palak Pedagang Bermodus Uang Keamanan, Ketua Ormas di Medan Ditangkap

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 18:12 WIB
Polisi saat menangkap ES yang diduga memalak pedagang di Medan (dok. Polisi)
Polisi saat menangkap ES yang diduga memalak pedagang di Medan (Foto: dok. polisi)
Medan -

Polisi menangkap seorang ketua salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) berinisial ES di Medan, Sumatera Utara (Sumut). ES diciduk setelah diduga memalak pedagang.

Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin mengatakan ES ditangkap karena memalak pedagang dan aksinya viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di Gang Buntu, Jalan Rakyat, Kecamatan Medan Perjuangan.

"Peristiwa pungli itu terjadi pada Rabu (22/9). Hari ini pria yang melakukan pemalakan itu telah ditangkap," kata Arifin kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).

Arifin mengatakan polisi masih memeriksa pelaku pungli yang bikin resah itu. Dia belum menjelaskan ada berapa banyak pedagang yang menjadi korban ES.

"Saya menegaskan Polsek Medan Timur tidak memberikan maaf dan toleransi bagi oknum-oknum yang melakukan aksi premanisme membuat resah masyarakat," ujar Arifin.

Arifin mengimbau masyarakat melaporkan setiap aksi premanisme yang dialami ke polisi. Dia berjanji polisi bakal menangkap preman yang bikin resah warga.

"Tentunya laporan yang diterima akan secepatnya ditindaklanjuti Polsek Medan Timur untuk memberantas pelaku premanisme," ujar Arifin.

ES mengakui perbuatannya itu. Dia meminta uang kepada para pedagang dengan alasan uang keamanan.

(haf/haf)