Cek Vaksinasi COVID di Riau, Panglima TNI Harap Pandemi Segera Jadi Endemi

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 16:10 WIB
Panglima TNI di Riau (Raja-detikcom)
Panglima TNI di Riau (Raja/detikcom)
Pekanbaru -

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, meninjau vaksinasi Corona atau COVID-19 di Pekanbaru, Riau. Hadi memuji kinerja Pemprov dan berbagai pihak yang membuat kasus Corona di Riau menurun.

"Saya mengapresiasi menurunnya kasus terkonfirmasi COVID-19. Hasil asesmen Kemenkes menyebut Riau tak lagi berada di level IV," kata Hadi di Pekanbaru, Kamis (23/9/2021).

Hadi mengatakan penurunan kasus COVID-19 di Riau terjadi karena ada kerja sama yang baik dari semua pihak. Dia mengatakan kerja keras pemerintah bersama warga membuat kasus Corona mulai menurun.

"Ini atas kerja keras Gubernur Riau dibantu seluruh komponen. Termasuk dukungan dari masyarakat yang selama ini disiplin menjalankan prokes dan mematuhi aturan COVID-19," ujar Hadi usai rapat bersama Forkopimda di Riau, Kepala BNPB dan Kabaharkam Polri.

Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed, Kapolda Riau Irjen Agung Setya Effendi, Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Andi Kustoro juga hadir di acara ini.

Hadi mengingatkan semua pihak agar mencegah kasus Corona melonjak lagi. Dia berharap pandemi Corona segera berubah menjadi endemi.

"Kita berharap ini bisa terus dipertahankan dan Riau terus lebih baik dari penyebaran COVID-19. Sehingga segera berubah dari Pandemi COVID-19 menjadi endemi," kata Hadi.

Gubernur Riau, Syamsuar, juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat. Dia berharap warga terus mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dan mengikuti vaksinasi.

"Kita bersyukur COVID-19 terus menurun lebih baik. Saya harap bisa dipertahankan dan terus meningkatkan pengawasan dalam mengantisipasi kembali terjadinya lonjakan penularan," kata Syamsuar.

Syamsuar mengatakan ada 10 ribu dosis vaksin Corona yang disuntikkan ke warga di Riau setiap harinya. Dia mengaku terus mengejar pemerataan vaksinasi Corona bagi semua wilayah di Riau.

"Saat ini Danrem dan Kapolda Riau punya vaksinator yang cukup. Kemampuan 10 ribu dosis setiap hari, terutama untuk di Pekanbaru. Maka itu, saya harap bisa terus dikejar, khususnya bagi para siswa, pelajar, maupun santri kita yang belum menerima vaksinasi," tuturnya.

(ras/haf)