Edukasi Prokes PON XX, 200 Duta Perubahan Perilaku Dikirim ke Papua

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 14:35 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry Harmadi
Foto: BNPB-Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry Harmadi
Jakarta -

Penyelenggaraan PON XX di Papua akan dimulai sebentar lagi. Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry Harmadi mengatakan pihaknya telah mengirimkan tim guna mematangkan persiapan ajang olahraga tersebut, terutama memastikan protokol kesehatan (prokes) berjalan baik selama kegiatan.

"Tim sudah berangkat sejak hari Sabtu kemarin ke Papua. Teman-teman Bidang Perubahan Perilaku yang sudah berangkat membawa daftar check list. Jadi kita melihat apakah saat kedatangan tim di Papua (rekomendasi dan syarat) sudah tersedia dengan baik atau tidak," ujarnya, Kamis (23/9/2021).

"Kemudian kita berkoordinasi dan sosialisasi dengan panitia, Satgas Daerah. Kita juga mengecek venue, tempat penyelenggaraan PON XX," lanjutnya.

Pada webinar 'Kesiapan Pemerintah Terapkan Prokes Covid - 19 Saat PON XX Papua & WSB Lombok' yang digelar online, Sonny mengatakan tim perwakilan Satgas COVID tidak hanya mengunjungi Jayapura, melainkan juga Mimika dan Merauke. Adapun hasil pemeriksaan akan dibahas lebih lanjut dalam rapat untuk segera dilaporkan apa saja aspek yang perlu ditingkatkan.

"Kita juga cetak leaflet dan dipasang di tempat umum. Masyarakat bisa scan QR code di leaflet itu untuk mengakses rekomendasi protokol kesehatan. Penonton dapat melihat (di dalamnya), sebagai penonton apa yang harus dilakukan, sebagai atlet apa yang harus dilakukan," terangnya.

Selain itu diungkapkannya Satgas COVID-19 telah menyusun rekomendasi protokol kedatangan dan kepulangan tim dari Papua. Termasuk juga panduan prokes baik sebelum memasuki venue, saat berada di dalam venue, maupun saat keluar dari venue.

"Untuk mendukung pelaksanaan PON, kami juga bekerja sama dengan semua pihak. Kami ingin PON XX ini sukses. Maka dari BNPB dan Satgas, kami sudah mengirimkan 3 juta masker, swab antigen, dan 4 unit alat PCR ke Jayapura dan Mimika. Terus pendampingan untuk Satgas di tiap venue dan membuka gerai masker di tiap venue," katanya.

Menurut Sonny, pihaknya juga terus menggencarkan sosialisasi prokes bagi masyarakat yang berada di sekitar venue. Salah satunya dengan mengirim ratusan duta perubahan perilaku. Dengan begitu diharapkan edukasi terkait prokes menjelang penyelenggaraan PON ke-20 dapat lebih optimal.

"Duta perubahan perilaku juga sudah diturunkan. Di tiap kabupaten/kota ada sekitar 50 orang yang memang melakukan upaya untuk mengedukasi masyarakat di sekitar venue. Agar bisa melaksanakan protokol kesehatan," pungkasnya.

(ega/ega)