Video 20Detik

Riuh Rapat Komisi I Gegara Prabowo-Panglima TNI Absen

Ashri Fathan - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 14:09 WIB
Jakarta -

Komisi I DPR RI dijadwalkan rapat dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hari ini. Namun kedua tokoh tersebut berhalangan hadir sehingga rapat diwarnai protes dan kritik.

Sejumlah anggota melemparkan protes karena Prabowo dan Panglima absen. Menhan Prabowo diwakili oleh Wamehan M Herindra, sementara Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto diwakili Kasum TNI Letjen Eko Margiyono.

Protes ketidakhadiran itu terjadi di awal rapat. Sejumlah anggota yang memprotes di antaranya Nurul Arifin dari Fraksi Golkar, Sukamta dari Fraksi PKS, dan TB Hasanuddin yang secara khusus menyoroti absennya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Menurut penjelasan Wakil Ketua Komisi I Abdul Kharis, Komisi I mendapat surat dari Kemenhan bahwa Prabowo ada kunjungan ke luar negeri. Sementara Panglima TNI kunjungan ke Sumatera.

Setelah sempat diskors, agenda rapat kerja Komisi I DPR RI dengan Menhan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali dilanjutkan. Rapat yang membahas anggaran tahun 2022 ini digelar secara tertutup.

(aro/aro)